Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Syarat untuk Menerima Bantuan UMKM dari Pemerintah

Pemerintah indonesia memberikan bantuan blt atau bantuan langsung tunai kepada pelaku usaha kecil menengah. Bantuan tersebut sebesar 2,4 juta rupiah untuk membantu pelaku usaha kecil menengah karena adanya virus corona. Bantuan tersebut tentunya adalah kabar gembira bagi pelaku usaha kecil karena menurunnya ekonomi karena covid 19.
bantuan tunai
bantuan tunai
Adanya virus corona membuat banyak orang yang jarang keluar rumah bahkan di sebagian tempat terdapat pelarangan keluar rumah. Karena dengan keluar dari rumah maka akan menjadikan besar kemungkinan terjangkit virus tersebut. Selain itu juga banyak orang yang terkena virus corona, akibatnya orang tersebut di karantina dan tidak boleh keluar rumah.

Dari berbagai hal tersebut membuat lesunya laju ekonomi sehingga membuat banyak usaha kecil menjadi kesulitan. Untuk itu dalam hal ini pemerintah mengambil tindakan untuk membantu para pelaku usaha kecil dalam menghadapi masa pandemi dan menyeimbangkan laju ekonomi. Kita ketahui ekonomi di indonesia sebagian besar di topang oleh para usaha kecil, untuk itu sektor tersebut perlu diperhatikan.


Bagi pelaku usaha kecil bantuan ini jika dilewatkan maka cukup disayangkan, karena bantuan tersebut bisa digunakan untuk menambah modal dan lainnya. Ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi jika ingin mendapatkan bantuan tersebut, yaitu sebagi berikut ...

1. Merupakan warga negara indonesia dan memiliki nomor ktp atau nik

2. Bukan merupakan anggota aparatur negara misalnya pegawai negara, tni dan lainnya

3. Tidak menerima kredit modal dari bank

4. Menyerahkan ktp

5. Alamat tempat tinggal

6. Bidang usaha

7. Nomor telepon

Bantuan tersebut akan disalurkan dari pemerintah melalui badan terkait, kemudian akan diberikan kepada bank bri. Bagii para penerima bantuan yang sudah mempunyai rekening bri maka bisa menerima bantuan tersebut melalui rekeningnya. Jika belum mempunyai rekening bri maka akan dibuatkan rekening dan buku tabungan.

Dari sebuah sumber bahwa saat tahun sebelumnya banyak negara yang dilanda krisis ekonomi yang salah satunya diakibatkan krisis ekonomi yang terjadi di amerika. Akan tetapi di indonesia sendiri dampaknya tidak terlalu terasa, hal tersebut diakibatkan banyak usaha kecil yang ada di indonesia yang telah menggerakan ekonomi. Untuk itu usaha kecil menengah di indonesia perlu di apresiasi dan didukung agar lebih maju lagi.