Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Begini Cara Menanam Bonsai Pisang Sendiri di Rumah

Tanaman bonsai adalah sebuah tanaman yang kerdil karena sengaja dibuat oleh pembuatnya, tanaman tersebut biasanya ditanam di dalam pot untuk di nikmati keindahannya. Baru baru ini tanaman bonsai pisang sedang banyak diminati banyak orang, karena unik dan memberikan sebuah keindahan.
pisang
pisang
Tanaman bonsai pisang adalah tanaman pisang yang ditanam di dalam pot kecil yang dapat bertahan sekitar 2 tahun, tergantung jenisnya. Yang kita kenal sebelumnya adalah tanaman pisang ukurannya cukup besar dan biasa tumbuh di lahan pekarangan. Tanaman ini awalnya dikembangkan pada tahun 2005, kemudian mulai banyak dikenal banyak orang dan banyak yang menyukainya.

Karena tanaman bonsai pisang dapat ditanam di dalam pot maka tidak memerlukan lahan yang luas untuk menanamnya. Tanaman ini tidak memerlukan perawatan khusus, kita hanya memperhatikan untuk selalu memberikan sinar matahari yang cukup setiap hari. Kemudian gunakan media tanah dengan campuran pasir, tanah liat dan pupuk kandang agar tanaman bonsai pisang tumbuh dengan baik.

Bonsai pisang dibuat dengan rekayasa genetik agar mendapatkan pohon pisang yang kerdil, biasanya jenis yang digunakan yaitu pohon pisang brazil. Karena tanamannya yang kecil maka pohon pisang tersebut juga menghasilkan buah yang kecil. Pohon pisang brazil biasanya ukurannya yaitu antara 70 cm sampai 1 m, dan anehnya tanaman tersebut mengahasilkan buah pisang.

Untuk bibitnya sendiri sudah banyak dijual di toko online, kita bisa membelinya dalam bentuk bibit pohon atau biji. Jika kita membeli bibit dalam bentuk biji maka harganya lebih murah, untuk mulai menanamnya kita bisa menyemai biji tersebut di tempat basah. Jika sudah tumbuh maka kita bisa menanamnya di media tanah dan menanamnya jangan terlalu dalam.

Jika kita membeli bibit yang sudah tumbuh maka usahakan waktu pengiriman maksimal 1 hari, agar bibit tidak terlalu layu. Saat bibit sudah datang jangan langsung di tanam, biarkan 1 atau 2 hari di tempat teduh dan disiram saat pagi dan sore. Cara menanamnya yaitu campurkan media tanah yang telah disebutkan, kemudian masukkan ke dalam pot.

Kemudian biarkan tanah 2 sampai 3 hari agar menghasilkan tanah yang gembur, kemudian tanaman bisa di tanam. Jangan lupa untuk menyiram tanaman bonsai pisang agar tanaman tersebut tumbuh sehat dan tidak mati.

Tag : bonsai pisang, bonsai pohon pisang, cara membuat bonsai pisang, pisang bonsai, cara buat bonsai pohon pisang, pisang mini bonsai, bonsai pisang berbuah, pisang bonsai mini, bonsai pisang mini, cara bonsai pisang, harga bonsai pisang, bonsai pisang kepok, pohon pisang bonsai, cara membuat bonsai pohon pisang, cara bonsai pohon pisang, pohon pisang mini bonsai, bonsai pisang ambon, cara buat bonsai pisang, bonsai pisang mas, bonsai pisang raja, bonsai pisang muli