Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menanam Bunha Mawar Sendiri dengan Mudah

Bunha mawar adalah salah satu bunga yang mungkin kita sering dengar, bunga tersebut mempunyai keindahan dan baunya juga harum. Bunha mawar biasa digunakan untuk hiasan di dalam ruangan yaitu dengan meletakannya di dalam vas bunga.
bunga mawar
bunga mawar
Selain itu juga digunakan untuk dekorasi sebuah acara, misalnya di dalam acara resepsi pernikahan. Bunha mawar juga sudah umum digunakan sebagai bahan baku minyak wangi, yaitu minyak wangi bunha mawar.

Caranya yaitu dengan mengumpulkan banyak kelopak bunha mawar, kemudian menyulingnya di dalam sebuah tungku yang besar, kemudian menghasilkan minyak bunha mawar yang wangi. Karena mempunyai banyak kegunaan maka bunha mawar banyak di tanam dan dibudidayakan untuk tujuan yang diinginkan atau dijual.

Bunha mawar mempunyai banyak jenis, jumlahnya bahkan sampai ratusan, selain itu bunga tersebut juga mempunyai warna yang beragam. Ada yang berwarna merah, putih, kuning dan lainnya, sehingga merupkan bunga yang menarik untuk di pandang.

Jika kita menginginkannya kita bisa menanam bunha mawar sendiri di rumah, kita bisa menanam bunga tersebut di dalam pot bunga. Atau kita bisa menanamnya langsung di tanah, yaitu di depan rumah atau di belakang rumah. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menanam bunha mawar dengan mudah di rumah ...

1. Memilih bibit bunha mawar

Langkah yang pertama kita lakukan yaitu memilih bibit bunga mawar, karena dengan bibit yang baik maka akan menghasilkan tanaman bunha mawar yang tumbuh dengan baik. Caranya yaitu dengan mengambil bibit tersebut dan meletakannya di air, jika bibit tersebut tenggelam maka bibit tersebut baik. Sebaliknya jika bibit tersebut terapung di air maka kita sebaiknya memilih bibit yang lainnya.

2. Menyemai bibit

Jika kita sudah mendapatkan bibit bunha mawar maka kemudian kita menyemainya di tempat penyemaian. Caranya yaitu dengan menyemai bibit hingga menjadi kecambah, awalnya kita mencuci bibitnya kemudian letakkan di tempat penyemaian.

Setelah menjadi kecambah kemudian tanam di media penanaman bibit, untuk media tanam kita bisa menggunakan pasir dan pupuk organik dengan perbandingan 1 : 1. Setelah tumbuh semakin besar maka kita memindahkan tanaman tersebut ke media tanam yang sesungguhnya.

3. Menanam tanaman bunha mawar

Untuk menanam bunha mawar kita bisa menyiapkan media tanam menggunakan tanah, pasir dan pupuk organik. Setelah ketiga bahan tersebut di campur maka kita bisa langsung menanamnya, bisa menggunakan pot bunga atau di lubang tanah.

4. Pemeliharaan tanaman

Untuk pemeliharaan bunga mawar kita perlu menyiramnya 2 kali dalam sehari, yaitu saat pagi dan sore hari, dalam menyiramnya janganlah berlebihan, karena jika berlebihan tanaman bisa layu dan mati.

Selain itu tanaman bunha mawar harus cukup terkena sinar matahari, misalnya kita menggunakan pot bunga di dalam rumah dan tidak terkena matahari langsung, kita bisa memindahkannya ke tempat yang ada sinar mata hari.

Misalnya yaitu di jendela, lakukan hal tersebut selama beberapa jam dalam sehari agar tanaman tidak layu atau bahkan bisa mati. Apakah anda ingin menanam bunha mawar, jika iya maka tentunya membutuhkan beberapa peralatan untuk menanamnya.