Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Permainan Bola Basket yang Sering Kita Lihat

Bola basket adalah sebuah permainan bola tangan yang di mainkan oleh dua tim yang masing masing beranggotakan 5 orang. Setiap tim berusaha untuk memasukkan bola tersebut ke keranjang lawan dalam waktu yang telah ditentukan. Setelah waktu selesai maka tim yang baling banyak mendapatkan poin dari memasukan bola adalah pemenangnya.
bola basket
bola basket
Olahraga ini pertama kali dimainkan di amerika, selain itu permainan tersebut juga paling populer di negara tersebut dibandingkan negara lainnya. Sejarah permainan ini yaitu awal terciptanya tidak disengaja, pada tahun 1891 seorang yang bernama dr. James yang berasal di kanada mengajar di sebuah universitas.

Kemudian ia diminta untuk membuat sebuah permainan di sebuah ruangan tertutup untuk mengisi waktu para siswa. Kemudian ia teringat permainan pada masa kecilnya, maka terciptalah permainan bola basket sampai sekarang. Pada awalnya permainan tersebut sedikit ada penolakan, akan tetapi ia memberikan peraturan peraturan agar lebih menarik.

Sebelumnya dalam permainan tersebut tidak ada men dribble bola, hanya ada membawa bola dan mengoper bola, akan tetapi dalam kelanjutannya diperbolehkan. Bentuk lapangan bola basket yaitu persegi panjang, dengan panjang 26 meter dan lebar 14 meter. Awalnya permainan tersebut dimainkan dengan 9 orang untuk setiap tim bola basket.

Akan tetapi dirubah dan dengan hanya 5 orang untuk setiap tim, kemudian ada 5 pemain lagu untuk cadangan, jadi setiap tim bisa mengganti pemainnya. Permainan ini dimainkan dengan waktu 4 kali 10 menit, hmm ... tidak terlalu lama permainannya. Jadi permainan tersebut mempunyai 4 babak, sedangkan setiap babak diberi waktu 10 menit untuk istirahat.

Dengan waktu istirahat tersebut memang tidak terlalu capek, berbeda dengan sepak bola yang merupakan permainan dengan berlari dengan waktu yang cukup lama. Bentuk dari bola basket cukup besar, yaitu keliling bolanya sekitar 75 cm dan beratnya sekitar 600 gram. Di amerika sendiri olahraga bola basket cukup populer bahkan mengalahkan olahraga sepak bola.

Di amerika dimainkan liga bola basket yang akan menghasilkan juara, berbeda dengan di luar amerika, olahraga yang paling terkenal adalah sepak bola. Demikianlah sejarah singkat olahraga bola basket, semoga bermanfaat bagi para pembaca.
 

Post a Comment for "Sejarah Permainan Bola Basket yang Sering Kita Lihat"