Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Antara Publiser dan Advertiser dalam Dunia Periklanan

Iklan adalah sebuah sarana untuk mempromosikan sebuah produk atau lainnya agar lebih dikenal banyak orang atau menambah penjualan. Periklanan dapat dilakukan di suatu hal yang mempunyai banyak penonton atau daya tarik kepada banyak orang. Misalnya yaitu channel televisi, saluran radio, website dan lainnya, yang terpenting adalah banyak orang yang melihatnya.
produk iklan
produk iklan
Dalam dunia periklanan ada istilah publiser dan advertiser, keduanya mempunyai pengertian yang berbeda. Jika orang masih awam dalam dunia periklanan maka mungkin akan sulit membedakan atau salah dalam memahami. Untuk itu di bawah ini adalah penjelasan masing masing yang perlu diketahui jika kita ingin beriklan ...

1. Advertiser

Advertiser adalah orang yang beriklan sebuah produk atau lainnya, jika misalnya ada orang yang mempunyai produk dan menginginkan produknya semakin banyak terjual. Sehingga orang tersebut membayar dengan sejumlah uang untuk beriklan di media media yang berkaitan, maka orang tersebut disebut advertiser.

Jadi semakin banyak orang melihat produk tersebut dan tahu akan manfaatnya maka makin besar peluang untuk terjual banyak. Apalagi produk tersebut mempunyai keunggulan dibandingkan dengan produk lainnya, maka akan semakin banyak pembeli. Jika kita ingin beriklan di google dan facebook maka kita bisa mengunjungi situs google ads dan facebook ads.

2. Publiser

Publiser adalah orang yang bekerjasama dengan dengan jaringan iklan untuk menampilkan iklan di media yang ia punyai. Dengan menampilkan iklan tersebut maka publiser akan mendapatkan sejumlah uang untuk penghasilannya. Misalnya orang yang mempunyai sebuah situs, kemudian bekerjasama dengan google adsense untuk menampilkan iklan google.

Saat banyak iklan yang bisa ditampilkan maka orang tersebut mendapatkan sejumlah uang sebagai jasanya, maka orang tersebut adalah publiser. Tidak berbeda dengan youtuber, ia adalah orang yang membuat konten video, kemudian di upload di youtube. Kemudian ia bekerjasama dengan google adsense, saat banyak penonton maka ia akan mendapatkan uang sebagai publiser.

Selain bekerjasama dengan jaringan iklan pusliser juga bisa menampilkan iklan mandiri, sehingga ia mendapatkan uang. Misalnya ada orang yang mempunyai sebuah website, kemudian ia menawarkan iklan di situsnya. Saat ada orang yang ingin beriklan di situsnya maka pemilik situs akan memasang iklan dengan sebuah imbalan uang.

Biasanya uang dibayarkan berdasarkan waktu lama iklan di website yang telah ditentukan, misalnya iklan akan tampil di website selama satu bulan maka akan dibayar dengan uang 4 juta. Harga tersebut berbeda beda untuk setiap situs, tergantung jenis konten dan banyaknya traffic situs tersebut. Demikianlah berbedaan dari publiser dan advertiser yang perlu diketahui bagi calon pengiklan, semoga bermanfaat bagi para pembaca.
 

Post a Comment for "Perbedaan Antara Publiser dan Advertiser dalam Dunia Periklanan"