Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Boeing Pembuat Pesawat Terbang dari Amerika

Boeing adalah sebuah perusahaan pembuat pesawat terbang yang berasal dari amerika, dan merupakan salah satu pembuat pesawat terbesar di dunia. Saingan utamanya yaitu pembuat pesawat dari eropa yang bernama airbus, perusahaan adalah perusahaan patungan dari beberapa negara eropa.
boeing
boeing
Yaitu negara jerman, perancis, spanyol dan lainnya, hal tersebut dilakukan untuk menyaingi perusahaan boeing yang semakin maju. Kalau kita lihat pesawat buatan boeing sering kita jumpai, karena memang produknya yang bagus dan diminati banyak pembeli. Perusahaan boeing didirikan oleh seorang yang bernama william boeing, awalnya ia adalah seorang yang kuliah di jurusan perkayuan.

Kemudian ia memiliki usaha di bidang kayu dan ia mendapatkan untung yang lumayan, kemudian ia mencoba membuat pesawat amfibi. Setelah pesawatnya terbang kemudian ia mendirikan sebuah perusahaan di bidang penerbangan. Pada saat perang dunia ke 1, boeing membuat pesawat untuk negaranya yang digunakan sebagai pesawat latihan.

Pada saat perang usai banyak pesawat bekas membanjiri pasaran, hal tersebut mengakibatkan boeing sulit untuk menjual pesawatnya. Kemudian perusahaan tersebut mulai menjual produk lain seperti meja, perabotan dan lainnya untuk menghindari kebangkrutan. Pada tahun 1923 boeing mulai bersaing untuk membangun pesawat perang untuk kebutuhan militer amerika.

Walaupun kalah dalam persaingan kontrak akan tetapi boeing terus mengembangkan pesawatnya agar lebih bagus lagi. Pada tahun 1933 ia membangun pesawat yang lebih modern untuk mengangkut penumpang. Pada saat perang dunia 2 boeing mendapat kontrak untuk membuat pesawat pengebom yang digunakan dalam perang.

Jadi perusahaan ini cukup berkontribusi dalam perang dunia 2 yang cukup merubah sejarah peradaban manusia. Karena kebutuhan zaman boeing juga membuat senjata untuk kebutuhan militer, hal tersebut dilakukan untuk mengembangkan perusahaan untuk lebih besar. Pada tahun 1983 boeing meluncurkan pesawat 737 yang akan menjadi pesawat legendaris karena banyaknya pembeli yang memesan pesawat tersebut.

Kelebihan pesawat tersebut yaitu dapat menempuh jarak yang jauh dan memiliki kapasitas yang cukup banyak. Selain itu di dalam pesawat juga mempunyai ruangan yang lebar sehingga membuat penumpang lebih nyaman. Pada tahun 2000 perusahaan tersebut mencoba masuk dalam dunia satelit, ia membuat satelit yang dapat digunakan untuk keperluan komunikasi.

Kalau kita lihat tanpa pesawat terbang mungkin kita tidak bisa bepergian jauh dengan cepat, walaupun menggunakan kapal laut, jadi pesawat terbang cukup penting perannya dalam dunia transportasi. Demikianlah sejarah singkat dari perusahaan pembuat pesawat terbang boeing, semoga bermanfaat bagi para pembaca.
 

Post a Comment for "Sejarah Boeing Pembuat Pesawat Terbang dari Amerika"