Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Bahan Untuk Pembuatan Hand Sanitizer untuk Perlindungan Tangan

Hand Sanitizer adalah sebuah cairan atau berbentuk gel yang digunakan untuk melindungi tangan dari penyakit atau bakteri yang menyebabkan sakit. Biasanya Hand Sanitizer digunakan di tempat kesehatan yang biasanya banyak terdapat penyakit dan bakteri karena banyak orang yang sakit. Dibandingkan dengan mencuci tangan dengan sabun, penggunaan Hand Sanitizer lebih disukai karena lebih praktis.
bakteri
bakteri
Dibandingkan dengan mencuci tangan dengan sabun, menggunakan Hand Sanitizer lebih efektif untuk membasmi penyakit dan bakteri. Akan tetapi jika kotoran terlihat di tangan maka lebih baik mencuci tangan dengan sabun karena dapat menghilangkannya. Walaupun bagus untuk digunakan, akan tetapi penggunaan Hand Sanitizer harus berhati hati karena mudah terbakar disebabkan mengandung alkohol.

Alkohol sudah lama digunakan, yaitu tepatnya pada sekitar tahun 1300 an, dan badan kesehatan dunia menyarankannya untuk digunakan sebagai alat kesehatan di rumah sakit dan lainnya. Di indonesia sendiri lebih menyarankan untuk mencuci tangan menggunakan sabun, akan tetapi jika tidak ada maka bisa menggunakan Hand Sanitizer.

Cara menggunakan Hand Sanitizer cukuplah mudah, yaitu pertama tuangkan Hand Sanitizer ke tangan secukupnya, kemudian gosoklah menggunakan kedua tangan, terakhir gosok secara merata ke seluruh tangan hingga seluruh jari jemari. Menurut badan kesehatan dunia pembuatan Hand Sanitizer dapat dilakukan dengan dua macam.

Yang pertama yaitu menggunakan etanol 96%, hidrogen peroksida 3%, gliserol 96%, dan air dengan hasil akhir etanol 80%. yang kedua yaitu menggunakan isopropanol 99%, hidrogen peroksida 3%, gliserol 98% dan air dengan hasil akhir isopropanol 75%. bahan bahan yang digunakan harus murni sesuai dengan standar apoteker.

Hand Sanitizer tersebut bisa dibuat sendiri di rumah akan tetapi harus di bawah pengawasan orang yang ahli dalam bidangnya. Karena jika tidak mungkin akan menghasilkan Hand Sanitizer yang tidak layak untuk digunakan. Jika kesulitan untuk membuatnya kita juga bisa membelinya di toko terdekat dengan harga yang terjangkau.

Pada saat artikel ini di tulis sedang berkembang virus covid 19, yang sudah banyak memakan korban meninggal. Mudah mudahan dengan menggunakan Hand Sanitizer dapat mengurangi dampak virus tersebut. Demikianlah bahan pembuatan Hand Sanitizer yang sering digunakan di rumah sakit, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Post a Comment for "Inilah Bahan Untuk Pembuatan Hand Sanitizer untuk Perlindungan Tangan"