Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Bahan Pembuatan Lilin yang Jarang Orang Tahu

Lilin adalah sebuah benda yang digunakan untuk penerangan di tempat yang gelap, caranya yaitu membakar sumbunya terlebih dahulu. Lilin sudah sejak dahulu sudah digunakan untuk penerangan ruangan karena mudah dalam penggunaannya. Selain lilin juga bisa menggunakan lampu untuk menerang ruangan, yaitu alat penerangan yang menggunakan sumbu dan bahan bakarnya adalah minyak.
lilin
lilin
Bahan pembuatan pembuatan lilin pada zaman dahulu yaitu lemak sapi yang banyak mengandung zat yang dapat dibuat lilin. Cara membuatnya yaitu lemak sapi di rebus, kemudian setelah meleleh didinginkan dan lemak lemak tersebut dikumpulkan. Setelah terkumpul kemudian dibentuk menjadi lilin lilin dengan bentuk yang kita inginkan.

Atau bisa juga lemak sapi dijemur sehingga minyak lemak tersebut mencair kemudian dikumpulkan dan didinginkan. Setelah dingin maka lemak tersebut bisa dibentuk lilin yang akan kita gunakan untuk menerangi ruangan. Pada zaman sekarang lilin dibuat dari bahan parafin yang merupakan zat yang bisa didapatkan di buah kelapa sawit.

Kelapa sawit sendiri merupakan buah yang bisa digunakan untuk membuat minyak goreng yang kita konsumsi sehari hari. Selain menghasilkan minyak goreng kelapa sawit juga mengandung bahan untuk pembuatan lilin. Setelah bahan lilin dihasilkan dari sebuah proses, kemudian dicetak menjadi lilin dengan dipanaskan menjadi bentuk yang kita inginkan.

Tidak lupa untuk memberi sumbu pada setiap lilin agar nanti kita bisa menyalakannya untuk penerangan. Penggunaan lilin sendiri cukup beragam, misalnya pada zaman dahulu digunakan untuk penerangan ruangan, dan sekarang karena sudah ada lampu listrik maka digunakan hanya untuk penerangan pada saat mati lampu.

Selain itu juga digunakan untuk acar keagamaan dan kebudayaan yang sering kita jumpai, misalnya di kuil orang konghucu . Di kuil tersebut kita bisa menemukan lilin dengan ukuran besar atau raksasa yang jarang orang mempunyainya. Karena lilin tersebut akan dinyalakan dengan waktu yang sangat lama sehingga menggunakan lilin yang besar.

Lilin juga bisa digunakan untuk momen tertentu misalnya saat maka romantis maka akan menyalakan lilin. Atau pada saat ulang tahun keluarga atau teman biasanya juga menyalakan lilin untuk ditiup. Demikianlah bahan untuk pembuatan lilin yang mungkin jarang orang tahu, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Post a Comment for "Inilah Bahan Pembuatan Lilin yang Jarang Orang Tahu"