Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Google Ads untuk Mengiklankan Produk Kita

Google ads adalah jaringan online milik google untuk beriklan bagi orang yang ingin menjual produk mereka. Google yaitu perusahaan dari amerika yang berawal dari mesin pencari google, kemudian berkembang menjadi banyak unit usaha. Jadi jika kita ingin mengiklankan produk kita maka kita bisa menggunakan google ads.
google
Kenapa kita harus beriklan ? Karena dengan beriklan maka kita akan mempunyai peluang untuk mendapatkan pembeli. Bagaimana caranya ? Berikut ini adalah beberapa pengertian untuk memulai beriklan untuk meningkatkan penjualan ...

1. Jika kita mempunyai sebuah produk maka kita akan mengiklankannya, caranya yaitu hita harus mempunyai materi produk yang akan di iklankan. Yang pertama yaitu foto produk yang bagus, usahakan edit foto yang akan digunakan agar lebih menarik pembeli. Kemudian kita membuat materi tulisan yang berupa keterangan produk dan nomor telepon yang dapat di hubungi.

Jangan lupa bagaimana pembayarannya dan no rekening bang untuk mengirim pembayaran, tentunya kita harus mempunyai nomor rekening bank. Kita harus mempunyai situs produk tersebut, kita bisa membuatnya dengan gratis menggunakan blogger.com. Masukkan foto, keterangan produk dan lainnya di situs tersebut agar calon pembeli tidak bingung jika ingin membeli produknya.

Cara lainnya yaitu kita mendaftar menjadi penjual di situs jual beli, yaitu tokopedia, bukalapak, shopee dan lainnya. Untuk masalah pembayaran maka pembeli membayar ke tokopedia, kemudian jika barang sudah di kirim dan sampai maka uang akan dibayarkan ke kita. Kelebihan menggunakan situs jual beli seperti tokopedia dan lainnya yaitu meminimalkan penipuan.

Karena uang akan dibayarkan ke penjual jika barang sudah sampai, hal tersebut dapat meningkatkan kepercayaan pembeli. Tidak jarang terjadi penipuan jual beli online yang terjadi, untuk itu seorang penjual online hal tersebut cukup dipertimbangkan.

2. Sebelum kita mulai beriklan kita harus mengenal dasar dasar iklan google ads, dengan begitu kita bisa lebih menguasainya. Google ads adalah jaringan iklan terbesar di dunia, karena banyak menarik pengiklan, selain itu juga ada facebook ads yang menjadi pesaingnya. Untuk mendapatkan banyak penjualan produk kita akan diiklankan, produk kita akan di perlihatkan kepada banyak orang.

Google mempunyai banyak media atau konten yang terdapat banyak orang melihat, perlu diperhatikan konten milik google yaitu mesin pencari google, youtube, aplikasi android dan situs yang bekerja sama dengan google melalui google adsense. Jadi produk kita akan diperlihatkan di konten konten tersebut, dengan begitu maka akan menjaring lebih banyak konsumen.

Maksud mesin pencari google yaitu, jika kita perhatikan dalam mesin pencari google contohnya kita mencari sebuah kata maka di atas hasil pencarian akan muncul situs yang diiklankan, demikianlah cara kerjanya. Jika di youtube maka akan muncul iklan di situs youtube dan juga di tengah video youtube, sebagai catatan kita bisa beriklan berupa materi video.

Jika di aplikasi android maka lihatlah pada salah satu aplikasi android biasanya muncul iklan dari google. Kita juga sering melihat iklan di situs yang kita kunjungi di internet, berarti situs tersebut sudah bekerja sama dengan google untuk menampilkan iklan. Keberhasilan dalam beriklan tergantung banyak faktor, jika gagal mungkin ada faktor gambar produk kurang menarik, penjelasan produk kurang, harga terlalu mahal, cara pembelian kurang kelas dan lainnya.

Untuk itu calon pengiklan harus memperhatikan faktor faktor tersebut agar dapat berhasil dalam beriklan.

3. Untuk memulai beriklan kita harus mempunyai akun google atau email google, jika belum mempunyai maka kita bisa membuatnya terlebih dahulu. Buatlah email tersebut dengan mantap karena itu adalah email yang akan kita gunakan seterusnya. Jika sudah, maka masuklah ke situs google ads, kita bisa masuk menggunakan email google kita.

Ingatlah satu email google bisa untuk mendapatkan semua produk google, misalnya youtube, blogger, adsense dan lainnya. Jadi kita tidak usah membuat email lagi jika kita ingin menggunakan produk google lainnya. Jika kita sudah masuk ke google ads, pahamilah cara kerjanya dan juga fitur yang pada google ads tersebut.

Google ads bekerja berdasarkan kata, sebelumnya google ads bernama adword atau iklan yang berdasarkan kata. Jadi pengiklan akan memilih sebuah kata yang menjadi tujuan iklan, iklan akan menuju kata tersebut di semua konten milik google. Sebuah contoh pengiklan akan mengiklankan sebuah produk sepatu olahraga, maka sebaiknya pengiklan memilih kata sepatu, olahraga, berlari dan lainnya, yang berkaitan dengan produk tersebut.

Maka kemudian iklan menuju konten google yang terdapat kata tersebut, misalnya di mesin pencari google ada orang mengetikan kata sepatu maka iklan akan muncul. Demikian juga di youtube, aplikasi android dan situs yang bekerja sama dengan googe. Penting dipahami juga, di dalam sistem google ads ada istilah lelang jaringan iklan.

Maksudnya yaitu, kita perlu pahami orang yang beriklan cukuplah banyak, dalam kasus di atas misalnya menggunakan kata sepatu. Orang yang beriklan dengan mengambil kata sepatu sangatlah banyak, kemudian bagaimana google akan menampilkan iklannya. Jawabannya ... google akan menampilkan iklan yang berani membayar lebih mahal.

Kita akan membayar biaya iklan jika ada orang yang klik iklan kita, diharapkan dengan klik tersebut akan terjadi pembelian. Dalam google ads ada istilah bid iklan, bid iklan adalah batas maksimal biaya yang dikeluarkan setiap klik nya. Google akan menampilkan terlebih dahulu bid iklan yang paling mahal, setelah itu iklan lain yang lebih murah.

Semakin mahal nilai bid maka kemungkinan besar akan muncul terlebih dahulu, sehingga bisa mengalahkan pesaing lainnya. Penting diperhatikan !!! ada fitur di google ads yang bernama keyword planner, fitur tersebut untuk mengetahui pasaran harga iklan perkata dalam google ads. Cobalah untuk menggunakannya, tulis saja kata yang kita ingin lihat, misalnya kata sepatu maka akan muncul persaingan banyaknya orang yang beriklan menggunakan kata tersebut.

Kemudian kita juga dapat melihat bid iklan yang paling mahal dan paling rendah dari kata tersebut, kita jangan sampai menghamburkan uang banyak untuk persaingan kata yang rendah. Beriklan di google ads juga perlu memperhatikan keuntungan kita, jangan sampai kita kehilangan uang dalam beriklan dan tidak mendapatkan sedikit penjualan.

Terkadang google memberikan bonus biaya iklan dengan gratis, pernah admin mendapatkan kredit gratis senilai 450.000 rupiah. Jadi cobalah sering mengecek email, mungkin saja kita telah mendapatkan kredit tersebut. Penting kita ketahui !!! kita harus mematuhi semua aturan dari google ads, jika tidak kita bisa mendapatkan pinalti sehingga kita tidak bisa beriklan lagi.

Saat mulai membuat iklan kita diberi pilihan apa tujuan dari iklan kita, misalnya untuk mendapatkan penjualan, kunjungan situs dan lainnya. Kita juga diberi pilihan dimana iklan kita akan di kampanyekan, misalnya di google search, youtube, aplikasi android atau situs yang bekerjasama dengan google.

Jika sudah selesai maka iklan kita akan diperiksa oleh tim google ads, jika kita lolos dari pemeriksaan tersebut maka iklan kita langsung akan diluncurkan. Jika belum lolos maka perbaikilah iklan tersebut sesuai pesan yang ada, misalnya masalah gambarnya atau katanya. Jika kita perhatikan beriklan di google cukup sulit akan tetapi mudah jika kita sudah memahaminya.

Banyak perusahaan besar dan pengiklan kecil yang beriklan di google ads, apakah anda tertarik untuk beriklan di google ads. Demikianlah penjelasan tentang google ads, yaitu tempat  untuk dapat mengiklankan produk kita, semoga bermanfaat bagi para pembaca.
 

Post a Comment for "Belajar Google Ads untuk Mengiklankan Produk Kita"