Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa Bahasa Pemrograman Android yang Harus Diketahui Seorang Programmer

Android adalah sebuah OS yang digunakan untuk ponsel dan saat artikel ini ditulis merupakan OS yang paling populer. Android adalah OS yang dikembangkan oleh google sebagai pemiliknya, kemudian siapa saja yang akan memakainya maka gratis tidak dikenakan biaya sama sekali. Akan tetapi jika versi terbaru maka dikenakan biaya tertentu, karena itulah android adalah OS yang paling populer.
program
program
Dengan banyaknya pengguna ponsel android maka banyak aplikasi android yang bermunculan dengan menawarkan berbagai layanan atau game. Dengan membuat aplikasi android kita bisa mendapatkan penghasilan dari iklan atau penjualan item, misalnya dalam aplikasi game. Untuk dapat membuat aplikasi android kita harus menguasai bahasa pemrograman.

Bahasa pemrograman mempunyai banyak jenis, dan tidak semua bahasa tersebut bisa digunakan untuk membuat aplikasi android, hanya bahasa tertentu saja. Di bawah ini adalah beberapa bahasa pemrograman yang harus diketahui programmer untuk membuat aplikasi android, yaitu ...

1. Java

Java adalah bahasa pemrograman yang paling populer pada tahun 2017, akan tetapi sekarang sudah di bawah bahasa lainnya. Bahasa ini dapat dijalankan di komputer dan juga ponsel, dengan begitu merupakan bahasa yang cukup umum. Kelebihannya yaitu bahasa ini mempunyai kumpulan program yang lengkap sehingga memudahkan dalam pembuatan aplikasi.

Dengan semakin berkembangnya bahasa ini maka komunitas java semakin besar, sehingga kita dapat belajar dengan mudah di komunitas tersebut. Java diambil dari sebuah nama pulau yang ada di negara indonesia yaitu pulau jawa, pulau tersebut merupakan pilau yang eksotis.

2. C++

Kita sudah sering mendengar bahasa program tersebut, bahasa tersebut bisa di guakan di pernagkat komputer, selain itu juga bisa dibuat untuk sebuah aplikasi android. Kelebihannya yaitu prosesnya yang lebih cepat dan dapat digunakan untuk membuat aplikasi dengan graphic processor dengan kualitas tinggi. Kekurangannya yaitu bahasa program cukup sulit, apalagi bagi orang yang masih pemula.

3. Kotlin

Kotlin adalah bahasa program pengembangan dari java, jadi pustaka kotlin berasal dari java yang lebih dulu dikenal. Akan tetapi pengembangan kotlin ditujukan untuk menutupi kekurangan dari dari java. Bahasa program kotlin lebih ringkas dari java, jadi memudahkan para programmer untuk dalam membuat aplikasi.

Selain itu kotlin adalah bahas yang didukung oleh google untuk pembuatan aplikasi karena kelebihannya tersebut. Kotlin pertama kali dikembangkan oleh perusahaan jetbrains, sedangkan nama kotlin diambil dari nama sebuah pulau yang ada di dekat kota st. petersburg.

4. Dart

Dart adalah sebuah bahasa pemrograman yang dikembangkan untuk membuat aplikasi ponsel, komputer, server dan website. Bahasa ini mempunyai keunggulan dibandingkan lainnya yang dapat membangun banyak hal. Bahasa ini dikembangkan untuk menjadi bahasa yang mudah, bekerja maksimal dan dapat dikomplasi dengan javascript.

5. C#

C# atau c sharp adalah bahasa program yang dikembangkan oleh microsoft berdasarkan program lainnya yaitu c++. Pengembangan tersebut untuk menjadikan sebuah bahasa program yang lebih sederhana, mudah dan bekerja lebih baik. Awalnya pada sekitar tahun 1990, microsoft ingin mengembangkan sebuah bahasa program yang bernama j++.

Bahasa tersebut adalah pengembangan dari program java untuk meningkatkan kinerja os windows, akan tetapi kelanjutannya bermasalah karena berhubungan dengan masalah hak cipta. Kemudian microsoft memutuskan menghentikan pengembangan program j++ karena masalah tersebut. Akhirnya ia memutuskan untuk mengembangkan bahasa baru yang bernama c#, pengerjaan tersebut dipimpin oleh orang yang ahli dalam bidangnya.

Untuk mempelajari bahasa pemrograman tidak bisa secara langsung, tentunya sedikit demi sedikit untuk belajar dan mencari mentor. Pilihlah bahasa program sesuai dengan apa yang ingin kita buat, misalnya membuat aplikasi ponsel, aplikasi komputer, website dan lainnya. Jika ingin membuat aplikasi ponsel, mungkin kita bisa belajar bahasa program kotlin karena cukup mendukungnya.

Kita bisa menggunakan aplikasi yang mendukungnya, misalnya android studio yang telah didukung oleh google pengembangannya. Demikianlah bahasa pemrograman untuk membuat aplikasi android yang bisa kita pelajari, semoga bermanfaat bagi para pembaca.
 

Post a Comment for "Beberapa Bahasa Pemrograman Android yang Harus Diketahui Seorang Programmer"