Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Proses Budidaya Mutiara Laut untuk Membuat Perhiasan yang Indah

Mutiara adalah salah satu jenis perhiasan yang biasanya berwarna putih dan berbentuk bulat, selain itu bisa dibuat kalung, anting dan lainnya. Mutiara berasal dari sebuah kerang yang menghasilkan mutiara dengan rentang waktu tertentu. Mutiara mutiara mempunyai dua jenis, yaitu mutiara air laut dan mutiara air tawar, dan harganya mutiara air laut lebih mahal dibandingkan dengan air tawar.
mutiara
mutiara
Selain dijadikan perhiasan mutiara juga bisa digunakan sebagai bahan kosmetik dan obat obatan setelah dihancurkan. Mutiara berasal dari butiran pasir atau benda asing yang masuk ke dalam kerang, kemudian setelah melalui proses yang lama butiran pasir tersebut terselimuti benda yang keras sehingga menjadi mutiara.

Karena kelangkaannya mutiara kemudian dibudidayakan oleh manusia sehingga dengan budidaya tersebut dapat menghasilkan mutiara dengan kualitas yang lebih baik dan lebih banyak. Berikut ini admin akan menjelaskan cara untuk membudidayakan mutiara air laut ...

1. Pemilihan induk

Yang pertama kita lakukan untuk budidaya mutiara air laut yaitu memperbanyak kerang yaitu dengan cara mengawinkan kerang indukan. Pilihlah indukan kerang yang terbaik kemudian kawinkan di temapat yang telah kita persiapkan. Setelah perkawinan maka akan menghasilkan anak anak kerang yang masih kecil.

Setelah berumur 60 hari kita bisa memindahkan anak kerang tersebut ke tempat air laut atau air asing. Kita bisa memeliharanya sampai berumur 3 tahun sampai bisa untuk penanaman nukleus pada kerang tersebut.

2. Penanaman nukleus

Sebelum penanaman kita perlu memilih kerang yang layak dan erang yang kurang layak. Karena kerang yang tidak memenuhi kriteria akan dapat menghasilkan mutiara yang kurang maksimal. Tanamlah nukleus dengan mengoperasi atau menyayat bagian dalam kerang, tentunya dengan kehati hatian dan pengalaman yang cukup.

3. Pemeliharaan

Setelah nukleus tertanam maka kita kembalikan lagi mutiara tersebut ke habitat aslinya yaitu air laut. Hal yang perlu kita perhatikan yaitu suhu dan lingkungan tempat pemeliharaan, jangan sampai tercemar sehingga dapat mengganggu pemeliharaan kerang.

4. Pemanenan

kita bisa langsung memanen mutiara jika mutiara sudah terbentuk sesuai dengan yang kita inginkan, semakin besar bentuk mutiara dan kualitasnya yang bagus maka semakin mahal harganya. Cara mengambil mutiara yaitu dengan menyayatnya dan haruslah dengan kehati hatian. Karena kerang tersebut diharapkan tidak mati dan dapat digunakan lagi untuk menghasilkan mutiara.

Karena langka dan harganya yang mahal banyak ditemukan mutiara palsu, untuk itu cara membedakan mutiara yang asli dan palsu yaitu ... Yang pertama bakarlah mutiara dengan sedikit api jika tidak meleleh maka mutiara tersebut adalah asli, dan jika sebaliknya maka dipastikan adalah palsu.

Selain itu kita bisa menggesekan mutiara di gigi jika terasa kasar dan berpasir maka mutiara tersebut adalah asli, jika terasa licin maka mutiara tersebut adalah palsu. Demikianlah cara untuk membudidayakan mutiara air laut, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Post a Comment for "Proses Budidaya Mutiara Laut untuk Membuat Perhiasan yang Indah"