Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa Hewan yang Dilindungi di Negara Australia

Australia adalah sebuah negara yang cukup besar dan bisa dikatakan negara tersebut adalah sebuah benua. Apa perbedaan antara pulau dan benua, perbedaannya adalah kalau pulau masih terpengaruhi angin laut, sedangkan benua tidak lagi terpengaruhi angin laut. Negara australia terletak di selatan negara indonesia yang dipisahkan oleh samudra hindia.
koala
koala
Negara australia mempunyai banyak negara bagian, dikarenakan negara tersebut merupakan negara yang besar. Dahulu australia dihuni oleh suku aborigin, kemudian datanglah bangsa kulit putih yang berasal dari eropa. Kemudian kerajaan inggris menguasai wilayah tersebut, di negara ini pernah diadakan pemilihan apakah mau lepas dari inggris atau tidak, akan tetapi mayoritas rakyatnya memilih untuk tetap bergabung dengan inggris.

Karena wilayahnya merupakan negara yang luas maka negara ini mempunyai banyak jenis satwa yang dapat kita pelajari. Di antara banyak satwa yang ada di australia, ada satwa yang di lindungi, hal tersebut dilakukan untuk melindungi dari kepunahan. Berikut ini 5 satwa yang di lindungi di negara australia ...

1. Koala

Koala adalah sejenis binatang menyerupai kera kecil akan tetapi bentuk wajahnya berbeda dengan kera. Koala pada umumnya hidup di daerah australia bagian timur dan berbatasan langsung dengan laut. Nama koala berasal dari bahasa asli australia yang mempunyai arti tidak minum, akan tetapi pada kenyataannya hewan ini tidak demikian.

Hewan koala ternyata minum juga akan tetapi jarang, hal tersebut terjadi karena makanan hewan ini adalah dedaunan yang banyak mengandung air. Hewan ini dilindungi oleh pemerintah karena terancam kepunahan, selain itu diperparah dengan sering terjadinya kebakaran di hutan. Hewan dilindungi artinya hewan yang ini tidak boleh dibunuh, dijual belikan dan dipelihara tanpa izin. Selain termasuk hewan yang dilindungi koala adalah hewan maskot bagi negara australia, jadi hewan ini adalah hewan kebanggaan rang australia.

2. Wombat

Wombat merupakan hewan yang menyerupai hamster akan tetapi mempunyai ukuran yang mencapai 1 m. Hewan ini mempunyai gigi dan cakar yang kuat untuk menggali tanah seperti hewan pengerat. Hewan ini termasuk hewan herbifora yaitu hewan yang hanya memakan tumbuh tumbuhan.

Hewan ini ada yang yang mempunyai warna cokelat, abu abu dan hitam, selain itu hewan ini dapat berlari dengan kecepatan sampai 40 km/jam. Hewan ini dilindungi oleh pemerintah karena terancam kepunahan di habitat aslinya.

3. Macrotis

Macrotis adalah hewan yang mirip dengan tikus akan tetapi mempunyai ukuran yang rata ratanya mencapai 55 cm. Selain itu mempunyai ukuran telinga yang lebih panjang dibandingan tikus dan hewan ini biasanya mempunyai warna abu abu. Hewan jarang minum air karena makanannya sudah mengandung air yang mencukupinya.

Makanan yang dimakan seperti umbi, laba laba dan lainnya, biasanya ia mendapatkan makanannya dari menggali tanah. Hewan ini merupakan hewan penggali yang baik, di habitat aslinya ia dapat mempunyai banyak terowongan dalam tanah yang saling terhubung. Hewan ini juga dilindungi karena terancam punah, agar generasi selanjutnya bisa melihatnya.

4. Dingo

Dingo adalah hewan yang tak lain adalah seekor anjing akan tetapi hidup liar di alam bebas dan tidak dipelihara. Hewan ini mempunyai warna cokelat, dan walaupun hewan ini dianggap hewan asli dari australia, akan tetapi hewan ini bukan berasal dari tempat tersebut. Nama dingo berasal dari orang asli australia yang tinggal di kota sydney.

Hewan ini terancam punah sehingga pemerintah australia berusaha untuk melindunginya dengan pihak terkait. Demikianlah beberapa hewan yang dilindungi di negara australia, jangan lupa share artikel dan semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Post a Comment for "Beberapa Hewan yang Dilindungi di Negara Australia"