Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 5 hewan Dilindungi yang Ada di Negara Indonesia

Negara indonesia adalah negara yang mempunyai kekayaan lam yang melimpah, walaupun bentuk negaranya yang kepulauan. Salah satu kekayaannya yaitu banyak hidup hewan di dalamnya, akan tetapi karena kemajuan zaman hewan hewan tersebut ada yang terancam punah. Karena ancaman kepunahan tersebut maka pihak pemerintah mengambil tindakan untuk melindunginya.
komodo
komodo
Tindakan tersebut diambil untuk mempertahankan hewan tersebut agar lestari sehingga anak cucu kita bisa tetap melihatnya di kemudian hari. Banyak sekali hewan yang terancam punah yang ada di indonesai, berikut ini admin akan menyebutkan beberapa diantaranya ...

1. Komodo

Komodo adalah hewan sejenis kadal akan tetapi mempunyai ukuran yang besar mirip dengan buaya dan hewan ini cukup langka. Hewan ini hanya ditemukan di sebuah pulau yanga ada di selatan indonesia yaitu di pulau komodo. Untuk menangkap mangsanya komodo biasanya melukai mangsanya dengan gigitannya yang tajam.

Setelah mangsanya terluka karena gigitannya maka ia akan keracunan dan mati, hal tersebut terjadi karena gigitan komodo mengandung bisa atau bakteri. Bisa tersebut akan meracuni korbannya sehingga dengan perlahan ia akan menemui ajalnya. Karena kelangkaannya maka komodo menjadi hewan yang dilindungi untuk menjaganya agar tidak punah.

2. Burung elang jawa

Burung elang jawa adalah jenis burung elang yang berukuran sedang dan ditemukan di pulau jawa, selain itu burung ini cukup langka sehingga menjadi salah satu hewan yang dilindungi. Burung ini adalah burung yang istimewa karena menjadi lambang atau maskot negara republik indonesai. Burung ini biasanya berwarna cokelat dan memiliki sedikit jambul yang cukup keren jika kita melihatnya.

3. Harimau Sumatera

Harimau sumatera adalah salah satu jenis harimau yang hidup aslinya di pulau sumatera, hewan ini berwarna jingga dan loreng hitam. Karena rusaknya habitat aslinya maka hewan ini menjadi terancam hidupnya sehingga dikhawatirkan punah. Oleh sebab itu organisasi hewan berusaha untuk melindunginya agar tidak punah dan tetap bisa di lihat oleh keturunan kita.

4. Anoa

Anoa adalah sejenis hewan yang mirip dengan kambing akan tetapi ukurannya lebih besar dan mempunyai dua tanduk yang panjangnya bisa mencapai 30 cm. Hewan ini hidup di pulau sulawesi dan buton, selain itu hewan ini juga terancam punah. Untuk itu pemerintah berusaha untuk melindunginya dengan melarang perburuannya olah masyarakat.

5. Orang hutan

Orang hutan adalah hewan sejenis kera yang berukuran besar dan mempunyai banyak bulu, karena ukurannya yang besar maka dianggap mirip dengan manusia. Hewan ini hidup di sekitar negara indonesia dan malaysia yang mempunyai hutan tropis. Karena habitatnya yang semakin berkurang karena ulah manusia maka hewan ini terancam punah. Selain itu juga hewan ini terkadang kanibal, yaitu orang hutan yang lebih besar memakan yang lebih kecil, hal tersebut menambah ancaman kepunahannya. Demikianlah beberapa hewan yang dilindungi di negara indoneasia, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Post a Comment for "Inilah 5 hewan Dilindungi yang Ada di Negara Indonesia"