Berbagai Tips untuk Memelihara Ular Piton dengan Baik

Ular piton adalah ular yang tidak memiliki bisa akan tetapi sangat berbahaya karena dapat melilit mangsanya dan kemudian memakannya. Ular ini biasanya hidup di daerah yang beriklim panas dan dapat hidup dengan panjang yang luar biasa, bisa mencapai 10 m bahkan lebih. Dalam bahasa lain ular ini disebut dengan ular sanca, selain itu ular ini ada yang pempunyai warna kulit yang unik seperti batik.
ular piton
ular piton
Dalam berbagai kasus ular ini dapat memangsa manusia jadi perlu berhati hati jika menjumpai ular piton yang berukuran besar. Dalam memangsa mangsanya ular piton pertama kali melilit dan meremukannya, setelah mangsanya mati maka ia akan memakannya bulat bulat. Kita bisa memelihara ular piton di rumah, akan tetapi ada beberapa yal yang perlu kita ketahui agar ular tidak mati dan kita tidak terluka aatau selamat dari ular tersebut.

Yang pertama yaitu kita harus mempunyai tekad yang kuat, karena umur ular piton bisa mencapai cukup panjang. Selain itu kita harus tetap mengawasi dan menjaganya, jika tidak bisa bisa ular tersebut lepas dari kandangnya dan mengejutkan para tetangga, tentunya hal tersebut tidak kita inginkan. Berbeda dengan hewan peliharaan lain, ular piton walaupun sudah lama dipelihara dan kelihatan jinak hewan ini tetap masih bisa membahayakan.

Kemudian buatlah kandang senyaman mungkin, akan lebih baik dibuat mirip dengan habitat aslinya di alam bebas. Kita bisa menambahkan batang pohon, bebatuan dan lainnya agar ular piton bisa hidup dengan nyaman. Berikanlah makana yang cukup kepada ular piton, semakin besar ukurannya maka semakin besar pula porsinya.

Jika ular masih kecil kita bisa memberikannya tikus kecil dan jika sudah besar kita bisa memberikannya ayam yang masih hidup. Tidak hanya manusia ular pitonpun bisa sakit, biasanya ular piton terkena sakit flu yang menjadikannya mogok makan. Jika hal ini dibiarkan maka bisa menjadikannya mati, selain itu juga ia bisa terkena penyakit sariawan.

Untuk menanganinya kita bisa membawanya ke dokter hewan untuk mengobatinya sehingga bisa sehat kembali. Untuk itu butuh ketlatenan untuk memelihara ular piton agar ular bisa sehat dan kita selamat darinya. Demikianlah beberapa tips untuk memelihara ular piton dengan baik, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

0 Response to "Berbagai Tips untuk Memelihara Ular Piton dengan Baik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel