Cara memelihara kambing agar menjadikannya gemuk dan sehat

Siapa yang tidak kenal kambing, semua tahu hewan yang satu ini, kambing adalah hewan yang dipelihara oleh banyak orang. Hewan ini bisa dimanfaatkan dagingnya dan juga susunya, oleh karena itu hewan ini cukup familier di kalangan masyarakat. Kambing mempunyai banyak jenis, ada sekitar 300 jenis kambing yang ada di dunia.
kambing
kambing
Ada jenis kambing yang dimanfaatkan bulunya yang dapat digunakan untuk membuat benang wol dan kain wol. Kain wol dapat digunakan untuk pakaian pada musim dingin sehingga dapat menghangatkan tubuh, khususnya di daerah yang mempunyai musim dingin. Karena manfaatnya yang banyak maka banyak orang yang memeliharanya, baik dalam sekala kecil maupun besar.

Untuk itu admin akan memberikan beberapa tips bagi yang ingin memelihara kambing dan menghasilkan kambing yang sehat dan gemuk. Pertama yang perlu kita lakukan yaitu memilih bibit kambing yang baik agar menghasilkan hasil maksimal. Jenis yang disarankan untuk dipelihara yaitu kambing etawa, kambing ini dapat kita manfaatkan daging dan susunya.

Kemudian yaitu kambing domba atau gibas, jenis ini ada mempunyai warna bulu yang berbeda beda dan ada yang mempunyai tanduk dan tidak, tergantung daerah asal kambing tersebut. Selanjutnya yaitu kambing kacang, yaitu kambing yang mempunyai ukuran agak kecil, akan tetapi mempunyai daging yang tebal. Untuk memilih bibit kambing ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar mendapatkan bibit yang baik.

Kita memilih bibi kambing yang berumur sekitar 7 bulan, ekornya gemuk, bulunya bersih, badannya panjang, sehat, tidak cacat dan utamakan berkelamin jantan. Setelah kita memilih kambing selanjutnya kita perlu memperhatikan untuk masalah kandang. Usahakan kandang kambing berjarak 10 m, karena kita kan terhindar dari bau kotorannya.

Buatlah kandang kambing model panggung, karena dengan begitu kita mudah memberi pakan dan membersihkan kotorannya. Kandang kambing sebaiknya dibuat dengan kokoh sehingga kuat untuk waktu yang lama dan tidak mudah roboh. Usahakan mudah terkena sinar matahari agar tidak mudah lembab yang akan mengakibatkan kambing mudah sakit.

Buatlah sirkulasi udara yang baik pada kandang kambing, karena agar kambing tidak pengap sehingga dapat mengganggu kesehatan kambing. Pakan yang ideal untuk kambing yaitu pakan hijauan dengan ukuran sekitar 6 kilo setiap ekor. Selain itu untuk memacu pertumbuhannya kita bisa memberikan konsentrat dan kita perlu memberikan vitamin untuk menjaga kesehatannya.

Jangan lupa membersihkan sisa makanan dan kotoran kambing sekitar 2 minggu sekali agar kandang selalu bersih dan kambing menjadi nyaman dan sehat. Kita bisa memanen kambing pada umur 1 tahun dan kambing yang mempunyai harga tinggi yaitu kambing etawa. Usahakan menjual kambing pada waktu hari raya idul adha, karena pada waktu tersebut harga jual kambing sedang tinggi dan kita bisa menghasilkan untung lebih banyak. Demikianlah beberapa tips untuk memelihara kambing dengan baik, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

0 Response to "Cara memelihara kambing agar menjadikannya gemuk dan sehat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel