Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memelihara Ikan Arwana agar Selalu Sehat di Akuarium

Ikan arwana adalah salah satu ikan hias yang banyak dipelihara oleh para penggemarnya karena mempunyai keindahan yang eksotis. Selain itu ikan arwana dianggap dapat mendatangkan hoki atau keberuntungan sehingga banyak dipelihara banyak orang. Ikan ini ditemukan di daerah asia tenggara termasuk negara Indonesia sehingga menjadikannya hewan langka.
ikan arwana
ikan arwana
Ikan ini termasuk hewan yang langka sehingga dianjurkan untuk dibudidayakan agar tetap lestari dan tidak punah. Ikan arwana mempunyai banyak macam, ada yang berwarna merah, emas, ekor merah dan lainnya sehingga mempunyai tampilan yang unik. Karena hewan langka tentunya dalam pemeliharaannya memerlukan tindakan yang khusus.

Untuk itu admin akan menjelaskan bagaimana cara memelihara ikan arwana dengan baik agar hidup sehat dan bisa dinikmati keindahannya. Yang perlu disiapkan untuk memeliharanya yaitu menyiapkan akuarium untuk tempat ikannya. Kita bisa menggunakan akuarium yang berukuran besar misalnya dengan ukuran sekitar 2 x1 m dengan begitu ikan bisa bergerak bebas.

Ikan arwan dapat tumbuh sampai ukuran 60 cm sehingga dapat melompat tinggi sampai jarak 3 m, untuk itu kita perlu menyiasatinya, misalnya dengan memberi tutup pada akuariumnya. Kemudian kita perlu memasang alat aerator yaitu alat untuk menyuplai udara ke dalam akuarium, sehingga ikan arwana dapat bernafas dengan baik.

Kita juga harus memasang filter akuarium, alat ini berguna untuk menyaring air, sehingga air di dalam akuarium menjadi lebih bersih. Jika air di dalam akuarium bersih maka ikan menjadi lebih nyaman dan kita dapat misa melihat isi akuarium lebih jelas. Air di dalam akuarium juga harus selalu diganti, jika perlu kita dapat menggantinya  3 kali setiap bulan.

Hal tersebut bertujuan untuk ikan arwana tidak stres, karena jika arwana atres maka bisa menurunkan kesehatannya atau bisa mengakibatkan ikan mati. Setelah mengganti air kita harus mengukur ph air tersebut, jika ph terlalu rendah maka kurang baik bagi ikan tersebut. Solusinya kita bisa menambahkan sedikit kapur untuk menaikan ph nya, 6 sampai 8 adalah ukuran ph yang disarankan.

Suhu air juga perlu kita perhatikan, suhu air yang disarankan untuk ikan arwana yaitu 25 sampai 27 c, jika suhu air di bawahnya kita memerlukan alat penghangat untuk menaikan suhunya. Kita bisa memberikan pakan ikan arwana hewan hidup seperti ikan kecil, udang kecil dan katak kecil. Ikan arwan merupakan hewan predator sehingga cocok jika diberi pakan tersebut, besarnya pakan disesuaikan dengan ukuran ikan.

Kita bisa memberi lampu dalam akuarium sehingga bisa memperindah tampilannya kita bisa melihat ikannya dengan jelas. Selain itu kita bisa menambahkan kerikil kecil berwarna di dasar akuarium dan juga batu karang untuk mempercantiknya. Jangan lupa tambahkan tanaman air untuk melengkapi hiasan akuarium, demikianlah cara cara memelihara akan arwana, semoga bermanfaat bagi para pembaca. 

Post a Comment for "Cara Memelihara Ikan Arwana agar Selalu Sehat di Akuarium"