Cara menggemukan sapi untuk mendapatkan bobot yang maksimal

Sapi adalah hewan yang banyak manfaatnya bagi manusia yaitu bisa diambil susunya dan dagingnya yang lebih banyak dibandingkan dengan hewan lainnya. Kebanyakan susu yang di jual di pasaran adalah susu yang berasal dari sapi dan begitu juga daging banyak yang berasal dari daging sapi. Sapi mempunyai banyak jenis, tentunya jika kita menginginkan sapi dengan bobot yang maksimal maka kita harus tepat memilih bibitnya.
sapi
sapi
Untuk menggemukan sapi dengan hasil maksimal yang pertama kita lakukan adalah memilih bibit sapi yang baik. Karena jika bibit kurang baik maka walaupun kita sudah berupaya menggemukannya maka hasilnya kurang maksimal. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menggemukan sapi yaitu dengan sistem kandang.

Yaitu sapi ditempatkan di dalam kandang agar memudahkan pemberian pakan, selain itu kita juga bisa memanfaatkan kotorannya. Kotoran sapi bisa dimanfaatkan untuk pupuk kandang dan menghasilkan bio gas untuk kebutuhan rumah tangga. Kemudian berikan pakan dan minum dengan tanpa batas agar penggemukan sapi bisa lebih maksimal.

Pakan sapi yang kita berikan yaitu pakan hijau dan konsentrat sehinggga dengan pemberian pakan tersebut dapat memenuhi kebutuhan sapi dalam penggemukan. Dalam masa ini usahakan sapi tidak untuk bekerja, karena jika dipekerjakan makan akan menguras energi akan mengurangi bobotnya. Berikanlah obat cacing dan supplement agar sapi sehat dan nafsu makannya tinggi.

Tahapan ini bisa kita lakukan selama sekitar 4 bulan, jika sudah kita lakukan kita bisa melihat hasilnya apakah ada perubahannya. Kita perlu memilih jenis pakan sapi yang mudah diperoleh, dengan begitu kita tidak perlu repot jika kehabisan pakan. Selain itu suplai pakan juga terus menerus untuk menunjang keperluan pakan sapi, apalagi jika jumlah sapi banyak.

Untuk itu kita bisa bekerja sama dengan petani rumput, seperti rumput gajah, sekarang jika membudidayakan rumput untuk pakan sapi juga mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Harga pakan juga perlu kita pertimbangkan, jika harga pakan terlalu mahal maka kita keuntungan kita bisa minim. Pakan sapi juga bisa diganti dengan pakan yang lain, akan tetapi harus mengandung gizi yang sama.

Pakan sapi tidak boleh mengandung racun dan dalam kondisi segar sehingga pakan yang diberikan adalah pakan yang menunjang penggemukan sapi. Kesehatan sapi juga penting untuk kita perhatikan dengan cara selalu membersihkan kandang sapi. Jika ada sapi yang sakit maka kita harus memisahkannya dan segera mengobatinya. Demikianlah cara untuk menggemukan sapi dengan baik, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

0 Response to "Cara menggemukan sapi untuk mendapatkan bobot yang maksimal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel