Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memelihara Iguana dengan Baik agar Selalu Sehat

Iguana adalah hewan reptile yang sudah banyak yang memeliharanya walaupun belum sepopuler kucing dan anjing. Hewan ini memang hewan yang unik apalagi bagi para penggemarnya tentunya menjadi hal yang digemari. Hewan ini dipelihara oleh penyuka iguana karena mungkin dapat menenangkan dan memberinya semangat disetiap harinya.
iguana
iguana
Hewan iguana banyak ditemukan di daerah amerika tengah, selatan dan kepulauan karibia, selain itu mempunyai lebih dari satu jenis. Hewan ini pertama kali dideskripsikan oleh seseorang yang berkebangsaan Austria pada tahun 1768. Nama iguana kemungkinan berasal dari bahasa taino yaitu “iwana”, adalah bahasa sebuah suku yang ada di amerika, nama iwana menjadi nama hewan ini.

Hewan ini ada yang berwarna hijau, cokelat, belang belang dan lainnya, jika kita ingin memeliharanya kita tinggal memilih yang kita inginkan. Yang unik pada hewan ini yaitu warna kulitnya bisa berubah sesuai dengan tempat yang ditempatinya. Misalnya bertempat pada daun yang hijau maka warna kulitnya menjadi hijau dan bertempat di batang kayu cokelat warnanya menjadi cokelat.

Iguana yang masih kecil berukuran sekitar 25 cm dan jika sudah dewasa dapat mencapai panjang sampai 1,8 m. Umur hewan ini dapat mencapai 18 tahun, jadi cukup lama umurnya sehingga dapat menjadi hewan kesayangan. Iguana memang mempunyai penampilan yang agak menakutkan apalagi bagi orang yang belum terbiasa.

Akan tetapi hewan ini bisa menjadi jinak walaupun harus dilatih dengan telaten, jika sudah jinak kita bisa memegangnya dan meletakannya di tangan. Untuk memelihara hewan ini ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar bisa tumbuh dengan baik, selain itu masih jarang yang memelihara hewan ini, sehingga belum banyak tahu caranya.

Yang pertama untuk diperhatikan yaitu makanannya, kita bisa memberinya makanan tiga kali sehari yaitu pagi, siang dan sore. Makanan yang kita berikan sebaiknya beragam agar iguana tidak bosan yaitu biji bijian, sayuran dan buah buahan. Selain tidak bosan makanan tersebut juga untuk menunjang pertumbuhannya dengan baik.

Ada beberapa makanan yang tidak boleh diberikan kepada iguana karena dapat mengganggu pencernaannya dan pertumbuhannya, yaitu sisa sayuran, cacing, susu dan telur. Selain itu kita harus memperhatika minumannya, yaitu kita memberikan air yang cukup dan air yang kita gunakan adalah air yang matang karena hewan ini terkadang mencelupkan kepalanya saat minum.

Disamping itu gantilah air secara teratur agar air selalu bersih dan tidak menimbulkan penyakit yang akan mengganggu kesehatannya. Kemudian kita harus sering membersihkan kandang iguana, karena dengan kandang yang bersih maka tidak menimbulakan bau enak di pandang. Disamping itu dengan kandang yang bersih maka akan lebih menjaga kenyamanan dan kesehatan iguana.

Kita perlu menjaga suhu untuk memelihara iguana, suhu yang ideal yaitu sekitar 27 c dan untuk berjemur yaitu 34 c. Untuk itu kita perlu memasang termometer di kandang iguana agar kita mengetahui suhu yang ada di kandang tersebut. Kita juga perlu sering mengecek kesehatan iguana dengan cara mengamatinya, jika ada luka atau gejala yang tidak biasa kita bisa mengonsultasikannya kepada dokter hewan. Demikianlah cara cara memelihara iguana, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Post a Comment for "Cara Memelihara Iguana dengan Baik agar Selalu Sehat"