Cara Memelihara Anjing di Rumah dengan Baik dan Benar

Anjing adalah salah satu hewan peliharaan yang banyak dipelihara oleh orang yang menyukainya dan penyayang binatang. Anjing mempunyai banyak jenis yang dapat dipelihara di rumah, ada yang berukuran besar dan ada yang kecil. Anjing adalah hewan yang setia, oleh karena itu anjing dapat bermanfaat untuk menjaga rumah dan membantu dalam berburu di hutan.
anjing
anjing
Selain itu anjing juga bisa digunakan untuk membantu pihak kepolisian untuk melacak tersangka dan benda yang dilarang seperti obat terlarang. Agar anjing yang kita pelihara sehat ada beberapa hal yang perlu kita lakukan, di bawah ini admin akan menjelaskan dengan lengkap. Yang pertama dilakukan adalah mengondisikan tempat atau rumah kita agar aman untuk memelihara anjing.

Ada beberapa produk yang beracun dan akan membahayakan anjing seperti pembersih rumah tangga, insektisida lainnya. Sebaiknya benda tersebut di simpan di tempat yang aman sehingga tidak membahayakan anjing. Ada berbagai tanaman yang dapat meracuni anjing, tanaman tersebut misalnya adalah tanaman hias yang ada di rumah kita.

Untuk itu sebelum memeliharanya sebaiknya kita memeriksanya terlebih dahulu agar nantinya tidak terjadi masalah yang fatal. Kemudian siapkanlah tempat khusus bagi anjing, seperti tempat tidurnya, tempat makannya dan ruang aktifitasnya yang cukup agar tidak stres. Belilah semua peralatan anjing dengan lengkap, seperti makanan, pada saat awal memelihara janganlah sering mengganti jenis makanannya.

Karena hidup di tempat yang baru akan sedikit membuatnya stres apalagi ditambah dengan sering mengganti jenis makanan. Pilihlah jenis makanan anjing yang berkualitas hal tersebut akan menjadikan anjing kita tumbuh dengan sehat. Jika kita mempunyai anjing yang masih kecil, berilah susu formula untuknya karena jika diberi makanan anjing dewasa maka kurang cocok.

Berilah anjing makanan secara teratur agar ia tahu kapan waktunya makan, selain itu kita bisa melihat porsi makannya berlebihan atau kurang. Jika usia anjing sudah mencapai 8 tahun sebaiknya ganti makanan anjing dengan makanan yang mengandung sedikit kalori. Hal tersebut dilakukan agar anjing tidak kelebihan berat badan yang akan mengganggu kesehatannya.

Sediakan selalu air untuk anjing karena hewanpun membutuhkannya apalagi setelah beraktifitas yang banyak menguras energi. Buatlah anjing anda sering berolahraga, karena hal tersebut dapat menjaga kesehatannya dan berat badannya. Misalnya kita mengajaknya pergi ke taman saat hari libur kemudian mengajaknya lari dan bermain.

Untuk menjaga kebersihannya sebaiknya mandikan anjing setiap beberapa minggu sekali selain itu membuatnya lebih sehat. Anjing akan menjadi lebih bersih dan wangi sehingga berbau tidak enak dan kita betah bermain di dekatnya. Selain itu kita perlu mengecek kesehatannya ke dokter hewan agar terhindar dari penyakit yang berbahaya.

Latihlah anjing kita untuk buang air di tempatnya karena jika tidak maka akan merepotkan dan menimbulkan bau yang tidak enak. Memang hal ini perlu ketelatenan akan tetapi jika sudah bisa maka kita tidak perlu lagi membersihkan kotorannya jika ia buang air. Demikianlah cara untuk merawat anjing di rumah, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

0 Response to "Cara Memelihara Anjing di Rumah dengan Baik dan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel