Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Kucing dengan Mudah di Rumah Sendiri

Kucing adalah hewan peliharaan yang banyak dipelihara oleh para penggemarnya dan penyuka binatang. Hal tersebut dikarenakan hewan tersebut adalah hewan yang lucu dan menggemaskan, selain itu cukup mudah untuk merawatnya dibandingkan dengan hewan lainnya. Kucing mempunyai banyak jenis, yang masing masing mempunyai keistimewaan masing masing.
kucing
kucing
Ada yang mempunyai bulu panjang sehingga cukup lucu jika kita memandang dan memegangnya, apalagi bagi penyuka binatang. Selain itu ada yang yang mempunyai warna bulu yang unik, warna mata yang unik dan ekor yang panjang. Jika kita mempunyai kucing baru dan kita belum berpengalaman dalam merawatnya, admin akan menjelaskan sedikit cara merawat kucing dengan baik agar kucing tersebut dapat hidup sehat.

Yang pertama yaitu menciptakan yang nyaman dan aman bagi kucing, karena dengan begitu kucing tidak menjadi stres dan terhindar dari hal yang membahayakan. Misalnya dengan menghindarkan dari benda yang berbahaya, salah satunya jarum dan benang setelah kita memakainya. Kucing menyukai benang untuk memainkannya dan terkadang memakannya, tentunya hal tersebut membahayakannya.

Kemudian hindarkan kucing dari benda benda yang beracun seperti benda yang mengandung kimia, yaitu pewangi, cairan pembersih lantai, sabun dan lainnya. Terkadang kucing penasaran dengan benda tersebut dan menjilatnya, dengan begitu akan membahayakan kesehatannya atau keracunan. Hal yang penting selanjutnya yaitu membuat tempat untuk buang kotoran kucing, agar si kucing tidak buang kotoran sembarangan.

Tidak kalah penting kita harus memperhatikan masalah makanan dan minuman si kucing, karena hal tersebut salah satu faktor yang menunjang kehidupannya. Untuk minumannya siapkan minuman air putih atau susu cair agar kucing lebih sehat yang akan menunjang kebutuhan cairannya. Berikan kucing makanan yang bersih dan steril agar ia tidak terkena zat berbahaya dan penyakit yang tidak diinginkan.

Latihlah kucing untuk bisa mandiri untuk mencari makanannya karena dengan begitu kita tidak perlu selalu mendampinginya saat kucing kita makan. Kemudian hal yang perlu kita perhatikan yaitu kesehatan kucing dengan cara selalu membersihkannya. Yaitu dengan memandikannya setiap tiga hari sekali dengan shampo khusus kucing.

Hal tersebut dilakukan untuk menghindarkan kucing dari kutu yang dapat mengganggunya bahkan bisa menurunkan kesehatannya. Jika bulunya sudah panjang kita bisa memotongnya agar terlihat lebih baik saat dipandang mata. Selain itu potonglah kukunya jika sudah terlalu panjang agar kukunya tidak tajam yang dapat membahayakan jika ia mencakar.

Jika kita kesulitan melakukannya kita bisa membawanya ke salon kucing dengan begitu kita tidak repot untuk merawatnya, tentunya kita perlu mengeluarkan sejumlah biaya. Kemudian berikanlah si kucing vaksin agar ia terhindar dari virus dan bakteri yang bisa menyerangnya. Tidak manusia saja kucing juga butuh hiburan yaitu dengan memberinya mainan untuknya.

Jika kucing ditempatkan di  tempat yang sempit makan akan menjadikannya stres ditandai dengan ia sering mengeong. Untuk mengatasinya ajaklah ia berinteraksi dengan kita dengan begitu akan mengurangi sara jenuhnya. Selain itu kita bisa mengajaknya jalan jalan keluar rumah untuk menghilangkan stres seperti ke taman atau lainnya. Demikianlah cara merawat kucing sendiri dengan mudah, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Post a Comment for "Cara Merawat Kucing dengan Mudah di Rumah Sendiri"