Cara Memelihara Burung Perkutut agar dapat Bersuara Bagus

Burung perkutut adalah burung peliharaan yang mempunyai suara yang khas dan banyak dipelihara oleh penggemarnya. Burung perkutut yang ada di indonesia mempunyai suara relatif tipis dibandingkan dengan yang ada di thailand. Burung ini biasanya mempunyai warna bulu abu abu dan kakinya berwarna merah muda.
burung perkutut
burung perkutut
Burung ini selain memakan biji bijian terkadang juga memakan serangga kecil, jika kita memeliharanya bisa juga memberinya pakan pelet. Hidupnya berpasangan dan ada yang berkelompok kecil, dan terkadang berkumpul di sumber air. Jika kita ingin menikmati suara perkutut, kita bisa memeliharanya di rumah sendiri.

Berikut ini admin akan memberikan beberapa tips untuk memelihara perkutut agar ia bisa bersuara bagus dan sehat. Yang pertama yaitu carilah suasana yang nyaman bagi perkutut, karena burungpun menginginkan suasana nyaman, bukan manusia saja. Kemudian kita perlu rutin untuk membersihkan kandangnya, karena dengan demikian ia terhindar dari sumber penyakit dan jamur.

Pemberian pakan kepada perkutut juga perlu rutin untuk menunjang pertumbuhan sehingga menjadi gacor. Pemberian pakan bisa dilakukan setiap pagi dan sore, biasanya perkutut menyukai pakan berupa biji bijian. Kita bisa memberikan makanan ekstra, yaitu pakan hidup yang bisa dibeli di toko burung.

Makanan tersebut dapat menjadi suplemen bagi perkutut sehingga menjadikannya lebih sehat dan tidak mudah sakit. Kita bisa memberikannya kencur kepadanya, hal ini dilakukan untuk menyehatkannya dan menghilangkan dahak di tenggorokannya.

Cara untuk memberikan kencur yaitu dengan mengambil sarinya kemudian meminumkannya, atau memberikannya dengan berupa parutan. Tidak kalah penting yaitu memandikan burung perkutut, untuk memandikannya yaitu dengan cara menyemprotnya dengan campuran air dan obat anti bakteri.

Hal tersebut dilakukan untuk menjadikan bulunya bersih dan mengkilap, selain itu juga membunuh penyakit atau bakteri. Setelah memandikannya kita bisa menjemurnya di bawah sinar matahari pagi, kira kira sekitar jam 7. Penjemuran tersebut untuk membuatnya lebih sehat, selain itu sinar matahari dapat membunuh bibit bibit penyakit.

Memberikan pasangan pada burung juga penting, karena jika burung hidup tanpa pasangan maka bisa menjadikannya stres. Jadi yang membutuhkan pasangan bukan hanya manusia saja, dalam memelihara peliharaan kita perlu mengerti kepadanya. Untuk mempunyai burung perkutut yang gacor kita bisa memilih perkutut dengan kelamin jantan.

Karena yang berkelamin jantan akan lebih gacor, demikianlah beberapa tips untuk memelihara burung perkutut, semoga bermanfaat bagi para pembaca, dan jangan lupa share jika suka dengan artikel ini.

0 Response to "Cara Memelihara Burung Perkutut agar dapat Bersuara Bagus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel