Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memelihara Ayam Jago agar Mempunyai Suara yang Keras

Ayam jago adalah ayam jantan yang biasanya dapat bersuara nyaring dan juga merupakan ayam ayang bisa di adu. Mengadu ayam atau bisa disebut sabung ayam merupakan kegiatan yang banyak dilakuka oleh orang. Akan tetapi hal tersebut bertentangan dengan norma agama, sehingga tidak baik untuk dilakukan, kita dituntut untuk mempunyai perasaan walaupun terhadap binatang.
ayam jago
ayam jago
Ayam jago yang sempurna yaitu ayam jantan yang memiliki suara yang keras dan kedua kakinya mempunyai dua taring yang tajam. Ada salah satu ayam jago yang mempunyai suara yang panjang sekali, sehingga merupakan ayam jago yang langka. Kita juga bisa memelihara ayam jago sendiri di rumah untuk sekedar hobi atau untuk hiburan.

Untuk memelihara ayam jago ada beberapa hal yang bisa kita lakukan agar ayam jago bisa tumbuh sehat dan mempunyai suara yang keras. Yang pertama yaitu masalah pakan, pemberian pakan disesuaikan dengan ukurannya, semakin besar ukurannya maka semakin banyak pakannya. Selain itu pakan ayam jago yang masih kecil dan sudah besar tentunya berbeda, jika sudah lebih dewasa maka pakannya lebih kasar.

Kita bisa memberikan vitamin dan suplemen kepada ayam jago untuk menjadikannya tumbuh dengan baik dan lebih sehat. Pemberiannya akan lebih baik jika dilakukan pada malam hari, karena pada waktu itu kondisi ayam jago lebih tenang. Tidak hanya manusia, ayam juga memerlukan mandi, kita bisa memandikannya pada pagi hari asalkan tidak hujan.

Jangan gunakan sabun atau air hangat karena akan merusak bulu ayam, sehingga penampilannya menjadi kurang menarik. Setelah memandikannya kita bisa menjemurnya, penjemuran tersebut janganlah terlalu lama, cukup sekitar satu jam saja. Banyak jenis dari ayam jago sendiri dan yang paling terkenal yaitu ayam bangkok, ayam tersebut berasal dari negara thailand.

Selain memelihara kita juga bisa mengawinkan ayam jago, sehingga kita mendapatkan keturunannya dan menjadi lebih banyak. Jika tidak mengawinkannya maka saat ayam jago sudah tua maka akan mati dan kita perlu mencari dan membeli ayam jago lainnya. Demikianlah beberapa cara untuk memelihara ayam jago dengan baik. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Post a Comment for "Cara Memelihara Ayam Jago agar Mempunyai Suara yang Keras"