Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Budidaya Ikan Koi dan Memeliharanya agar Tidak Mudah Mati

Ikan koi adalah ikan mas yang mempunyai banyak warna dan mempunyai ukuran tubuh lebih besar, akan tetapi ada yang dua dan satu warna. Ikan ini mempunyai sifat yang jinak dan dipelihara untuk keindahan dan ada yang mengatakan dapat mendatangkan keberuntungan. Ikan ini biasanya dipelihara di dalam dan di luar rumah, karena masih termasuk jenis ikan masa maka di indonesia disebut ikan mas koi. Kita bisa membudidayakan dan memelihara ikan koi di rumah sendiri, berikut ini admin akan menjelaskan beberapa tipsnya ...
ikan koi
ikan koi
Cara budidaya ikan koi

Untuk membudidayakan ikan koi ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar berhasil dalam membudidayakannya. Yang pertama yaitu kita memilih induk ikan koi yang berkualitas, dengan gen induk ikan koi yang baik maka akan menghasilkan keturunan ikan koi yang juga berkualitas. Jika kita sulit untuk mendapatkannya maka kita bisa bekerja sama dengan pemilik induk ikan koi yang berkualitas.

Kita meminjam induknya untuk dikawinkan dan jika sudah mempunyai anak maka kita bisa memperoleh beberapa anakannya. Dengan begitu keduanya memperoleh untung, mungkin karena kesibukan pemilik induk ikan koi tidak sempat untuk mengawinkannya. Setelah mendapatkan induknya selanjutnya kita mempersiapkan kolam untuk pengawinan indukan.

Besar ukuran kolam untuk ikan koi yang ideal yaitu sekitar 3x6 m kemudian hindari kolam yang terbuat dari terpal karena kurang baik bagi ikan kio. Jika kolam baru jadi usahakan semen dalam kolam sudah benar benar kering, biarkan sekitar satu minggu untuk menghindari ikan keracunan. Air dalam kolam yang baru dimasukan, endapkan dahulu selama satu hari kemudian ikan bisa dimasukan.

Kolam sebaiknya memperoleh cukup sinar matahari karena untuk kesehatan ikan koi dan bisa membunuh penyakit dan bakteri. Berilah air keluar masuk di kolam, hal tersebut dilakukan untuk sirkulasi dalam air selalu terjaga. Jangan lupa berikan saringan air keluar karena untuk menghindari anakan ikan koi terbawa aris air dan hilang.

Tempatkanlah kakaban yang terbuat dari ijuk atau lainnya untuk sarang telur ikan koi, kakaban tersebut dapat dibuat sendiri. Untuk menghindari kegagalan dalam pemijahan tempatkan pejantan ikan koi sekitar 3 ekor, karena terkadang ikan koi sedang tidak sehat. Setelah bertelur dan terjadi pembuahan maka segeralah pisahkan ikan koi dengan telurnya, karena untuk menghindari indukan koi memakan telurnya sendiri.

Cara memelihara ikan koi

Kita juga bisa memelihara beberapa ikan koi dirumah untuk sekedar hobi atau hiburan, untuk tidak mati admin akan memberikan bebera tipsnya. Yang pertama yaitu usahakan kedalaman kolam yaitu 50 cm atau lebih adalm lagi akan lebih baik yaitu sekitar satu meter. Kemudian isilah dengan air yang bersih atau tidak terkontaminasi dnegan zat lain agar ikan koi tidak keracunan.

Pasanglah filter air dalam kolam yang akan menjadikan air lebih bersih, karena filter tersebuat akan menyaring kotoran di dalam kolam. Belilah bibit ikan koi yang baik dan berkualitas karena jika tidak maka bisa bisa ikan koi akan mati. Tambahkanlah tanaman air di dalam kolam, karena tanaman tersebut akan menjadikan makanan tambahan bagi ikan tersebut.

Selain itu tanaman tersebut akan menambah keindahan kolam yang akan menyenangkan setiap orang yang memandangnya. Berilah pakan pelet yang terbaik kepada ikan koi karena dengan pakan yang berkualitas maka pertumbuhan ikan koi akan semakin baik. Jangan memberikan pakan terlalu banyak dalam satu waktu karena akan kurang baik bagi ikan koi.

Berilah pakan secukupnya dalam satu hari, karena ukuran pencernaannya termasuk pendek dan jika pakannya terlalu banyak maka akan membuat ikan koi bermasalah. Berilah pakan tambahan untuknya karena akan baik untuk pertumbuhan seperti pakan hidup dan sayuran. Aturlah suhu air sesuai suhu yang disarankan agar ika koi tidak sakit bahkan mati, suhu yang ideal yaitu sekitar 25 c. Demikianlah beberapa tips untuk membudidayakan dan memelihara ikan koi dengan baik,  semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Post a Comment for "Cara Budidaya Ikan Koi dan Memeliharanya agar Tidak Mudah Mati"