Sejarah Keris yang Merupakan Senjata Legenda dari Nusantara

Keris adalah sebuah jenis senjata tikam yang berasal dari nusantara atau indonesia dan sekitarnya. Indonesia merupakan negara yang terdiri dari banyak pulau dan pulau jawa merupakan pusat peradabannya. Pada zaman dahulu di jawa terdapat kerajaan majapahit yang menguasai hampir seluruh nusantara.
keris
keris
Pada zaman tersebut senjata keris adalah sebuah senjata yang hampir dimiliki oleh setiap pejabat kerajaan. Ada sebuah keris yang bernama keris empu gandring, keris ini adalah keris legendaris yang membunuh ken arok dan para keturunannya. Hal itu terjadi karena ken arok membunuh pembuatnya dengan keris tersebut.

Pembuatan keris sangatlah rumit, karena banyak tahap untuk menghasilkan keris yang bagus. Yang pertama dilakukan yaitu memilih bahan untuk pembuatan keris, untuk memilihnya yaitu dengan memilih besi baja yang kuat. Besi tersebut bisa kita temukan di tempat galian tanah yang menghasilkan biji besi.

Selain itu bahan untuk membuat keris bisa di dapatkan dari batu meteor yang jatuh dari langit, batu tersebut mengandung biji besi yang diperlukan. Besi dari batu meteor menurut ahlinya adalah bahan yang paling baik dibandingkan dengan dari galian tanah. Selain itu besi batu meteor adalah benda yang langka dan sulit untuk mencarinya, hanya beberapa orang yang memilikinya.

Setelah itu besi dibakar dan ditempa berulang kali untuk menghilangkan kotoran yang ada di dalam besi tersebut. Selain itu untuk menjadikan besi sulit untuk berkarat sehingga benda pusaka tersebut tetap awet tidak termakan oleh waktu. Setelah mengalami penempaan, besi akan menjadi lebih keras yang akan menjadikan kelis lebih tajam.

Setelah keris sudah jadi, sang empu atau pembuat keris akan tirakat untuk memasukkan hal gaib ke dalam keris tersebut. Tahap ini tidak kalah penting dari tahap sebelumnya, karena menentukan kehebatan keris yang sedang dibuat. Semakin sulit seorang empu dalam melakukan tirakat maka semakin hebat sebuah keris tersebut.

Tujuan keris dibuat yaitu untuk senjata perlindungan dari orang yang ingin menyakiti, selain itu juga perlindungan dari gangguan gaib. Keris adalah salah satu kekayaan budaya yang dimiliki indonesia, sehingga kita patut untuk memeliharanya. Demikianlah sejarah keris yang unik yang ada di indonesia, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

0 Response to "Sejarah Keris yang Merupakan Senjata Legenda dari Nusantara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel