Sejarah dan Awal Bergulirnya World Cup atau Piala Dunia

World cup atau piala dunia adalah kompetisi kejuaraan sepak bola antara negara seluruh dunia yang pagelarannya berpindah pindah antara negara yang satu dan lainnya. Piala dunia digelar setiap 4 tahun sekali dan pertama kali di slenggarakan pada tahun 1930 di negara uruguay dan uruguay menjadi juaranya.
piala dunia
piala dunia
Sepak bola adalah olah raga yang paling populer di dunia, jika kejuaraan ini digelar tentunya menarik perhatian banyak penikmat sepak bola. Sampai artikel ini di tulis brasil menjadi negara yang paling banyak menjuarai piala dunia. Salah satu faktor sebuah negara menjuarai piala dunia adalah banyaknya pemain bintang yang bermain di dalam timnya.

Piala dunia ini berlangsung melalui tahap kualifikasi di daerah masing masing negara dengan sistem grup. Tim yang terbaik adalah tim yang akan melaju untuk mengikuti kejuaraan piala dunia yang berlangsung di negara yang ditunjuk. Pada tahun 1938 negara yang sebagai tuan rumah bisa langsung mengikuti kejuaraan piala dunia tanpa mengikuti tahap kualifikasi.

Trofi piala dunia adalah trofi yang unik dan mempunyai dua jenis, yaitu trofi yang pertama kali digunakan dan trofi yang sampai saat ini ditulis. Trofi yang pertama digunakan adalah bernama piala jules rimet yang merupakan gambaran dewi yunani, dan trofi tersebut terbuat dari perak yang dilapisi emas.

Pada akhir cerita pada tahun 1983 piala tersebut hilang dicuri saat disimpan di negara brasil, setelah dilakukan investigasi piala tersebut tidak ditemukan. Kemudian FIFA memutuskan untuk mengganti dengan trofi piala dunia FIFA, yang terbuat dari emas 18 karat. Trofi tersebut menggambarkan dua orang yang mengusung bola dunia yang cukup unik untuk sebuah trofi.

Selain itu trofi tersebut adalah trofi yang dipilih dari sayembara yang diadakan dan pemenangnya adalah silvio gazzaniga yang berkebangsaan italia. Sampai saat ini negara negara dari benua eropa dan amerika latin yang mendominasi kejuaraan piala dunia. Negara tersebut yaitu brasil, italia, jerman, argentina dan lainnya, dan negara negara dari benua asia dan afrika masih kalah prestasinya dalam kejuaraan tersebut. 

0 Response to "Sejarah dan Awal Bergulirnya World Cup atau Piala Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel