Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah dan Awal Bergulirnya Premier League atau Liga Inggris

English premier league atau liga inggris adalah liga sepak bola yang bergulir di negara inggris yang diikuti oleh 20 klub sepak bola. Liga tersebut pertama kali didirikan pada tahun 1992 yang sebelumnya sudah ada liga yang berjalan yang di dirikan pada tahun 1888. Liga inggris pernah terpuruk sekitar pada tahun 1980 karena pertikaian penonton sehingga FIFA melarang klub inggris bermain di kompetisi eropa.
liga inggris
liga inggris
Larangan tersebut selama 5 tahun sehingga menjadi pukulan berat bagi kemajuan sepak bola inggris. Akan tetapi setelah masa tersebut liga inggris berkembang cukup baik dengan menjadi salah satu liga terbaik di eropa bahkan di dunia. Liga inggris banyak melahirkan banyak bintang sepak bola, baik dari negara inggris maupun dari negara lainnya.

Selain bersinar di klub masing masing, pemain bintang di liga inggris juga bersinar di tim nasionalnya. Seperti timnas inggris, perancis, spanyol, brazil dan argentina yang diantaranya telah berhasil menjuarai piala dunia. Selain itu pemain dari liga inggris juga ada yang mendapatkan penghargaan pemain terbaik dunia, yaitu cristiano ronaldo.

Selain bermain di kompetisi lokal klub dari inggris juga bermain di kompetisi eropa seperti liga champions dan piala UEFA. Banyak dari klub inggris yang menjuarai kejuaraan tersebut seperti liverpool, manchester united dan lainnya. Dalam kejuaraan liga champions klub inggris juga pernah salaing berhadapan di final, hal tersebut menunjukkan bahwa liga inggris adalah salah satu liga yang terbaik.

Selain bermain di liga champions dan piala UEFA, klub liga inggris juga bermain di piala dunia antar klub. Kejuaraan tersebut diikuti oleh pemenang dari liga champions jika dari region eropa, tentunya kejuaraan ini tidak mudah untuk mengikutinya. Dalam klasemen akhir liga, 4 klub teratas akan mengikuti kopetisi liga champions dan 2 klub setelahnya akan mengikuti kompetisi piala UEFA.

Klub papan atas di liga inggris adalah klub yang merupakan diantara klub yang terkaya di dunia, seperti liverpool, manchester united, chelsea dan arsenal. Kekayaan klub tersebut berasal dari pemasukan keuangan klub yang besar yang berasal dari tiket pertandingan, hak siar tv, sponsor dan hadiah kompetisi. Pemasukan tersebut untuk menggaji pemain, staf klub dan mengikuti berbagai kompetisi.

Post a Comment for "Sejarah dan Awal Bergulirnya Premier League atau Liga Inggris"