Sejarah dan Awal Bergulirnya Liga Indonesia atau Liga 1

Liga 1 atau liga indonesia adalah kompetisi liga sepak bola yang bergulir di indonesia yang diikuti oleh banyak tim. Klub yang bersaing di liga indonesia ada 18 klub yang berasal dari berbagai kota di indonesia. Semua klub menjalani pertandingan kandang dan tandang dalam satu musim untuk menjadi yang terbaik.
liga indonesia
liga indonesia
Kompetisi liga indonesia dibentuk oleh PSSI pada tahun 2008 yang menjadi kompetisi profesional, karena sebelumnya hanya kompetisi amatir yang setiap klub mengandalkan dana APBD. Liga ini dibentuk karena untuk memenuhi kriteria standar FIFA sebagai organisasi sepak bola internasional. Pemenang liga akan mengikuti play off liga champions asia sehingga berkesempatan untuk berprestasi di kancah internasional.

Liga indonesia memang liga yang masih berkembang, oleh karena itu banyak kendala yang merintanginya. Liga indonesia belum maju seperti liga yang ada di eropa, seperti liga inggris, liga italia, liga spanyol, liga jerman dan lainnya. Hal tersebut dikarenakan sponsor yang mendukung klub di indonesia masih kecil dan bagi sebuah klub untuk mengikuti sebuah kompetisi membutuhkan dana yang besar.

Sebuah sponsor sepak bola dipengaruhi oleh faktor tingginya ekonomi, jika ekonomi rendah maka sponsor semakin sedikit. Sebelumnya klub sepak bola di indonesia untuk mengikuti kompetisi menggunakan dana APBD, akan tetapi hal tersebut tidak masuk syarat peraturan FIFA. Peraturan FIFA mengharuskan untuk setiap klub untuk mencari dana sendiri jika ingin mengikuti kompetisi profesional.

Selain itu peraturan lainnya yaitu setiap klub mempunyai stadion kandang yang memenuhi standar FIFA dan dalam kenyataannya masih banyak klub di indonesia yang belum mempunyai stadion yang demikian. Di samping kekurangan tersebut liga indonesia juga dikenal rusuh di dalam pertandingan sepak bola.

Seperti perkelahian antar pemain dan juga wasit yang tentunya mencoreng nama liga indonesia itu sendiri. Suporter bola di liga indonesia juga dikenal rusuh, seperti bonek mania yang merupakan pendukung dari persebaya. Selain bonek juga ada jack mania yang merupakan pendukung dari persija jakarta. Berbagai masalah tersebut sebaiknya diselesaikan untuk menjadikan liga indonesia menjadi liga yang maju dan klubnya bisa berprestasi di kompetisi internasional. 

0 Response to "Sejarah dan Awal Bergulirnya Liga Indonesia atau Liga 1"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel