Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah dan Awal Bergulirnya Liga Italia atau Serie A

Serie A atau liga italia adalah kompetisi liga sepak bola yang ada di negara italia dan menjadi liga utamanya. Di bawah serie A ada lagi liga lainnya yaitu serie B, serie C dan lainnya yang diikuti oleh semua klub sepak bola di italia. Liga italia pertama kali dibentuk pada sekitar tahun 1930 dan pada awalnya liga ini dijalankan oleh lega calcio, akan tetapi akhirnya dijalankan oleh lega serie A.
juventus
juventus
Liga italia adalah salah satu liga sepak bola terbaik di dunia, hal tersebut dilihat dari prestasi klubnya di kompetisi liga champions dan piala UEFA. Banyak klub sepak pola yang menjadi finalis dan menjuarai liga champions, seperti ac milan, juventus dan lainnnya. Liga italia bergulir setiap tahun dengan diikuti oleh 20 tim dan dimainkan dengan sistem kandang dan tandang.

Sampai artikel ini ditulis juventus menjadi tim yang paling banyak menjuarai liga italia, tentunya menjadi tim tersukses di liga tersebut. Di bawah juventus ada ac milan dan inter milan yang merupakan klub sekota dan saling bersaing dalam kompetisi. Akan tetapi ac milan menjadi klub terbanyak menjuarai liga champions dibandingkan dengan klub dari italia lainnya.

Dalam satu musim liga dengan waktu kurang lebih satu tahun setiap tim menjalani 38 pertandingan dan berusaha mengumpulkan poin. Jika memenangi sebuah pertandingan maka akan mendapatkan 3 poin, jika seri mendapatkan 1 poin dan jika kalah tidak mendapatkan poin. Setelah sampai di akhir musim seluruh poin di jumlahkan dan yang paling banyak akan menjadi juaranya.

Saat artikel ini ditulis banyak klub yang bermain di liga italia yang berasal dari italia utara dan klub besar yang berasal dari italia selatan yaitu roma, lazio dan napoli. Liga italia banyak memunculkan banyak bintang yang berasal dari negara italia maupun dari negara lain. Saat italia menjuarai piala dunia pada tahun 2006 banyak pemainnya yang bermain di liga italia.

Para pemain tersebut berasal dari klub juventus, ac milan, inter milan dan lainnya yang sudah meraih banyak prestasi. Pemain tersebut yaitu del piero, andrea pirlo ,francesco totti dan lainnya yang semuanya sudah banyak garam dalam bermain sepak bola.