Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persiapan yang Dilakukan Sebelum Hari Raya Idul Fitri

Idul fitri adalah salah satu hari raya umat islam yang dirayakan setiap tanggal satu syawal setelah menjalani puasa bulan ramadan. Pada hari raya tersebut umat islam merayakan hari kemenangan setelah menjalani puasa satu bulan penuh pada bulan sebelumnya yaitu bulan ramadan. Selain itu umat islam juga menjalankan salat sunah idul fitri di masjid atau lapangan terdekat bersama sama.
kebab
kebab
Pada hari tersebut juga umat islam saling mengunjungi untuk bersilaturohim khususnya sanak famili atau keluarga terdekat. Jika hari raya idul fitri sudah dekat ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan untuk menyambutnya. Hal tersebut dilakukan karena umumnya masyarakat melakukan hal tersebut dan juga agar hari tersebut lebih meriah.

Pertama yang perlu kita lakukan adalah membersihkan rumah dan merapikannya, kita dapat mengecat ulang bagian rumah yang catnya mulai luntur. Kita juga membersihkan lingkungan sekitar dan merapikan atau memotong tanaman halaman. Selain itu kita juga bisa mengganti perabotan rumah yang sudah usang dengan yang baru, seperti mebel, lemari, alat dapur dan lainnya.

Kemudian mempersiapkan makanan untuk menyambut tamu yang datang pada hari raya idul fitri, dari keluarga atau tetangga di sekeliling kita. Makanan yang disiapkan ada dua macam yaitu makanan ringan atau camilan dan sajian makanan seperti nasi dan lauknya. Makanan ringan adalah makanan yang biasanya diletakkan di dalam stoples dan dapat dibeli di toko terdekat.

Sedangkan makanan sajian makanan yang kita sajikan dapat dimasak sendiri dari bahan yang kita beli di pasar. Kita bisa memasak rendang, opor ayam, gulai dan lainnya, bisa juga kita memasak ketupat dari daun kelapa muda yang dianyam. Jangan lupa kita juga menyiapkan minuman sirop atau es buah untuk melengkapi hidangan yang sudah ada.

Pada saat hari idul fitri akan tiba kita perlu untuk membeli baju baru untuk keluarga kita di toko terdekat. Baju tersebut juga bisa dibeli di toko online akan tetapi lebih baik di toko fisik, karena kita bisa melihat langsung baju yang akan kita beli. Selain membeli di toko baju lebaran bisa membuatnya di tempat penjahit baju dengan membeli bahan terlebih dahulu di toko bahan.