Pengertian Suci dari Hadas dan Najis Jika akan Melakukan Salat

Salat adalah salah satu ibadah yang harus dilakukan oleh setiap orang islam, selain itu juga menjadi salah satu rukun islam. Salat yang wajib dilakukan dalam islam yaitu  5 kali dalam satu hari, akan lebih baik jika dilakukan berjama’ah. Dalam menjalankan salat disyaratkan untuk suci dari hadas dan najis, jika tidak maka salatnya tidak sah.
wudu
wudu
Hadas ada dua macamnya yaitu hadas kecil dan hadas besar, hadas kecil disebabkan seperti buang air kecil dan besar, kentut, tidur dan lainnya. Cara untuk menghilangkan hadas kecil yaitu dengan melakukan wudu dengan air suci dan mensucikan. Hadas besar disebabkan oleh seperti keluar air mani, berhubungan suami istri, setelah datang bulan dan lainnya.

Cara untuk menghilangkan hadas besar yaitu dengan cara mandi besar dengan didahului dengan niat mandi besar. Niat tersebut dilakukan untuk membedakan dengan mandi biasa yang setiap hari kita lakukan. Cara untuk melakukan mandi besar yaitu niat mandi besar bersama dengan menyiramkan air ke seluruh tubuh, mulai dari ujung rambut sampai ujung kuku.

Selain itu salat harus suci dari najis, suci badannya, pakaiannya dan tempat untuk melakukan salat, jika tidak maka salatnya tidak sah. Najis sendiri meliputi air kencing, kotoran manusia dan hewan, bangkai dan lainnya yang dikatagorikan termasuk benda najis. Najis ada 3 macam dan masing masing berbeda untuk mensucikannya.

1. Najis ringan

Najis tersebut yaitu air kencingnya anak kecil yang berumur kurang dari 2 tahun dan belum makan apapun selain air susu ibunya. Cara mensucikannya yaitu dengan cara cukup memercikan air di tempat yang terkena najis.

2. Najis menengah

Yaitu najis yang berupa air kencing, kotoran manusia dan hewan, bangkai dan lainnya, untuk mensucikannya yaitu dengan cara menghilangkan najis tersebut dari benda yang akan disucikan. Dihilangkan sampai sifat sifatnya yaitu bau, warna dan rasanya, kemudian baru dibasuh dengan air suci dan mensucikan.

3. Najis berat

Yaitu najis yang berasal dari babi dan anjing, baik dari kotorannya atau badannya jika kita memegangnya dalam kondisi basah. Cara mensucikannya yaitu dengan cara membasuhnya dengan 7 kali basuhan dan salah satunya dicampur dengan debu. Begitulah kurang lebih penjelasan tentang hadas dan najis, hal tersebut penting diperhatikan jika kita akan menjalankan ibadah yang mewajibkan suci darinya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel