Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Kemerdekaan Indonesia pada Tanggal 17 Agustus 1945

Negara indonesia adalah negara yang terletak di asia tenggara dan berbentuk negara kepulauan, selain itu memiliki suku dan budaya yang sangat beragam. Indonesia memiliki sejarah yang panjang  mulai dari zaman kerajaan seperti kerajaan singasari, majapahit dan lainnya. Kemudian indonesia dijajah oleh belanda selama 350 tahun dan jepang selama 3 setengah tahun.
indonesia
indonesia
Setelah runtuhnya kerajaan majapahit berdirilah kerajaan demak di daerah kudus dan kemudian juga runtuh. Kemudian berdiri kerajaan pajang di daerah magelang, kemudian runtuh dan berdirilah kerajaan mataram baru di yogyakarta. Pada saat dikuasai oleh raja Amangkurat, kerajaan tersebut diserang oleh Trunojoyo dari madura.

Akhirnya raja Amangkurat melarikan diri ke jakarta untuk meminta bantuan dari belanda untuk membantunya. Dari bantuan tersebut belanda dijanjikan boleh untuk menguasai tanah jawa untuk dijajah olehnya. Pada waktu itu belanda mulai menguasai tanah jawa untuk mengambil sumber daya alamnya, seperti rempah rempah untuk dijual din eropa.

Sejak saat itu indonesia dijajah oleh belanda sampai 350 tahun, rakyat indonesia menderita dengan kekurangan makanan dan lainnya. Pada saat penjajahan banyak pemberontakan yang dilakukan oleh rakyat indonesia untuk melawan belanda. Misalnya pemberontakan yang terkenal adalah pemberontakan yang dipimpin oleh pangeran Diponegoro.

VOC adalah kelompok dagang milik belanda yang difasilitasi dengan tentara dan senjata untuk menjalankan tujuannya yaitu menjajah daerah lain. Dari pemberontakan Diponegoro VOC mengalami kerugian finansial dan material yang tidak sedikit. Walaupun akhirnya memenangkan pertempuran akan tetapi VOC mengalami kerugian dan bangkrut.

Pada tahun 1939 pecahlah perang dunia 2 dan jepang merebut kekuasaan indonesia dari tangan belanda. Pada saat penjajahan jepang, jepang membentuk pasukan dari orang orang indonesia untuk membelanya karena kekurangan pasukan. Pasukan tersebut bernama PETA yang menjadi cikal bakal tentara indonesia atau TNI.

Pada tahun 1945 jepang di bom atom oleh amerika yaitu di kota hirosima dan nagasaki yang mengakibatkan jepang menyerah. Selain itu jepang ingin mempertahankan kekaisaran jepang, karena jika terus melawan kemungkinan jepang akan dikuasai rusia yang berhaluan komunis. Pada saat kekosongan tersebutlah indonesia memproklamasikan kemerdekaan indonesia dan menjadi negara yang berdaulat.

Akan tetapi negara barat tidak suka dengan hal tersebut, khususnya negara belanda yang ingin menguasai indonesia lagi. Inggris datang ke indonesia dengan alasan ingin melucuti tentara jepang akan tetapi membawa tentara belanda di belakangnya. Hal tersebut membuat rakyat indonesia marah dan melawannya dengan tentara yang mulai dibentuk dan senjata yang dirampas dari tentara jepang.

Akhirnya meletuslah peperangan yang tidak terelakkan, karena kalah dalam persenjataan tentara indonesia memilih berperang gerilya di hutan. Belanda menyerang indonesia dua tahap yaitu agresi 1 dan 2 yang keduanya berakhir dengan kekalahan. Walaupun inggris dan sekutunya mengerahkan ratusan ribu tentara akan tetapi tentara dan rakyat indonesia tidak gentar menghadapinya. Pada akhirnya mata dunia tidak suka dengan aksi belanda tersebut dan terjadilah konferensi meja bundar yang memutuskan untuk diakuinya kemerdekaan indonesia oleh seluruh negara di dunia.