Cara Belajar Membaca Al Qur’an Dengan Mudah

Al qur’an adalah sebuah kitab wahyu yang di turunkan kepada nabi Muhammad melalui malaikat jibril. Kitab tersebut berbahasa arab, jadi jika kita ingin bisa membacanya maka kita harus belajar bahasa arab. Banyak bahasa yang ada di dunia ini dan keistimewaan bahasa arab adalah bahasa tersebut adalah bahasa yang digunakan di surga.
al qur'an
al qur'an
Jika kita bisa membaca bahasa arab banyak faedah yang dapat kita dapatkan yaitu dapat membaca al qur’an, kitab agama dan lainnya. Agama islam diturunkan di daerah arab, maka jika kita ingin mempelajarinya maka kita perlu untuk belajar bahasa arab. Belajar membaca tulisan arab sebenarnya tidaklah sulit, kita hanya perlu serius dalam belajar.

Belajar membaca bahasa arab hampir sama dengan belajar membaca bahasa indonesia yang sama sama mempunyai huruf. Huruf bahasa arab dinamakan huruf hijaiyah yang berupa huruf alif, ba, ta dan seterusnya, sama seperti bahasa indonesia ada huruf a, b, c dan seterusnya. Jika kita bisa membaca bahasa indonesia, mengapa kita tidak bisa membaca bahasa arab ?

Untuk belajar membaca bahasa arab mulailah menghafalkan huruf huruf hijaiyah kemudian mengucapkan dengan harakat fathah, dhammah dan kasrah. Gunakan buku untuk belajar membaca al qur’an karena akan lebih memudahkan dalam belajar. Untuk belajar carilah ustadz terdekat untuk belajar karena dengan guru akan lebih cepat dalam belajar.

Setelah bisa membaca al qur’an usahakan sering membaca al qur’an karena dengan begitu lidah kita tidak kaku dalam membacanya. Dalam belajar membaca al qur’an akan lebih baik belajar mulai sejak kecil karena lebih mudah dibandingkan belajar saat sudah dewasa. Seperti pepatah mengatakan belajar pada waktu kecil seperti mengukur di atas batu, sedangkan belajar pada waktu sudah tua bagaikan mengukir di atas air.

Jika seseorang bisa membaca al qur’an dan sering membacanya ditambah lagi memahami artinya maka hati orang tersebut menjadi terang. Itulah salah satu faedah jika bisa membaca al qur’an, setelah tahu tentunya kita menginginkan anak anak kita bisa membaca al qur’an. Langkah yang bisa kita lakukan agar anak kita bisa membaca al qur’an yaitu dengan memasukkan anak kita ke dalam pendidikan TPQ dan madrasah terdekat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel