6 Syarat Agar Berhasil dalam Mencari Ilmu Agama

Dalam sebuah kitab diterangkan bahwa semua manusia tidak selamat kecuali orang yang berilmu, ilmu di sini adalah ilmu agama. Semua orang yang berilmu tidak selamat kecuali orang yang beramal dan semua orang yang beramal tidak selamat kecuali orang yang ikhlas. Orang yang beramal dengan ikhlas masih dalam kekhawatiran yang besar, karena pahalanya bisa hilang karena ujub.
mengaji
mengaji
Banyak orang yang mencari ilmu agama akan tetapi gagal dalam tujuannya karena berbagai faktor, hal tersebut sebenarnya cukup disayangkan. Dalam sebuah syair bahwa dalam mencari ilmu agama ada beberapa syaratnya yang harus terpenuhi agar berhasil. Ada yang mengatakan syair tersebut adalah berasal dari Ali RA, yang merupakan salah satu sahabat Nabi, beberapa syarat tersebut yaitu ...

1. Kecerdasan

Mempunyai kecerdasan atau pikiran adalah syarat wajib bagi orang yang mencari ilmu agama, karena tanpanya sulit untuk mendapatkan ilmu. Kecerdasan yang dimaksud di sini adalah orang yang mempunyai pikiran yang normal atau tidak idiot. Jadi jika kita adalah orang yang tidak idiot maka kita termasuk orang yang memiliki kecerdasan. Jadi jangan berkecil hati saat kita sulit memahami ilmu karena dengan belajar kita akan dapat memahami ilmu tersebut.

2. Keinginan yang kuat

Mencari ilmu agama dibutuhkan keinginan yang kuat karena jika tidak maka akan berhenti di tengah jalan. Dengan keinginan yang kuat maka dalam mencari ilmu akan menjadikan bersungguh sungguh. Dengan begitu peluang keberhasilan dalam mencari ilmu semakin besar dan dengan waktu yang lebih cepat. 

3. Kesabaran

Kesabaran adalah kunci keberhasilan seseorang, begitu juga dalam mencari ilmu banyak sekali cobaan yang dialami. Dengan kesabaran kita bisa melewati semua cobaan, dari awal sampai akhir selama mencari ilmu. 

4. Biaya

Dalam mencari ilmu diperlukan bekal untuk memenuhi semua keperluannya, seperti membeli buku, alat tulis, kitab, biaya makan sehari hari dan lainnya. Jika tidak ada biaya tentu kita kesulitan saat mencari ilmu agama, walaupun bisa hasilnya kurang maksimal. 

5. Bimbingan guru

Dalam mencari ilmu bimbingan guru sangatlah penting karena tanpanya kita akan kesulitan dalam mencari ilmu. Jika dalam mencari ilmu agama tanpa bimbingan guru maka sangat berbahaya, karena tanpa bimbingan guru yang menjadi guru kita adalah setan. Setan adalah musuh manusia dan selalu menyesatkan manusia ke jalan yang salah, oleh karena itu hal ini penting diperhatikan.

6. Waktu yang lama

Untuk berhasil dalam mencari ilmu agama dibutuhkan waktu yang tidak sedikit, karena dalam memahami ilmu agama dengan sempurna membutuhkan waktu yang lama. Jika waktu dalam mencari ilmu tidak lama maka ilmu yang diperoleh kurang maksimal sehingga pemahaman dalam agamapun belum sempurna. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel