Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Rukun Iman yang Harus Diimani Setiap Orang Muslim

Rukun iman adalah beberapa hal yang harus diimani oleh setiap orang muslim dan selalu dipelihara sampai akhir hayat. Rukun iman ada 6 hal sesuai sabda nabi yang tertulis dalam kitab sahih bukhari yang dikarang oleh imam bukhari. Mengimani adalah meyakini dalam hati tentang adanya dan kebenarannya, 6 rukun iman tersebut yaitu ...
al qur'an
al qur'an
1. Iman kepada Alloh

Alloh adalah zat yang menjadikan makhluk di seluruh alam semesta, baik yang mempunyai nyawa atau benda mati. Bukti bahwa Tuhan itu ada adalah adanya ciptaan atau makhluk, jadi adanya ciptaan tersebut menunjukkan adanya sang pencipta. Secara logika tidak mungkin sebuah ciptaan tidak ada yang membuat, seperti misalnya sebuah ponsel menunjukkan ada membuatnya yaitu pabrik ponsel.

2. Rosul

Rosul adalah orang yang diberi wahyu oleh Alloh dan diperintahkan untuk menyampaikan kepada umatnya. Sedangkan nabi adalah orang yang menerima wahyu akan tetapi tidak diperintahkan untuk menyampaikan kepada umatnya. Jadi rosul adalah nabi sedangkan nabi belum tentu rosul, sedangkan rosul yang wajib diimani ada 25 rosul yang disebutkan di dalam al qur’an.

3. Malaikat

Malaikat adalah salah satu makhluk Tuhan yang diciptakan dari cahaya dan sifatnya selalu melakukan apa yang diperintahkan Tuhan, karena tidak mempunyai nafsu. Seperti cahaya yang selalu memancar lurus, malaikat tidak pernah mengingkari apa yang diperintahkan oleh tuhannya. Malaikat tidak mempunyai laki laki dan perempuan, selain itu ia bisa berubah bentuk hanya dengan rupa yang baik saja.

4. Kitab Alloh

Kitab Alloh adalah kitab yang berisi wahyu Alloh yang diturunkan kepada para nabinya, dan yang wajib diimani ada 4 yang disebutkan di dalam al qur’an. Keempat kitab tersebut yaitu kitab Zabur yang diturunkan kepada nabi Daud, Taurat kepada nabi Musa, kitab Injil kepada nabi ‘Isa dan kitab Al Qu’an kepada nabi Muhammad.

5. Qada dan qodar

Qada adalah ketentuan Alloh yang belum terjadi dan akan terjadi pada waktunya pada semua makhluknya. Sedangkan qodar atau takdir adalah ketentuan Alloh yang sudah terjadi pada setiap makhluknya. Tidak ada seorangpun yang bisa merubah ketentuan Alloh kecuali Ia sendiri karena Ia adalah zat yang maha kuasa.

6. Hari akhir

Hari akhir adalah hari berakhirnya kehidupan dunia atau hari kiamat, di mana hari hancurnya seluruh kehidupan dan isi bumi. Hari kiamat ditandai dengan malaikat israfil meniup terompetnya dengan tiga kali, dan tiupan yang pertama adalah untuk mengagetkan penduduk bumi. Pada tiupan tersebut seluruh penghuni bumi ketakutan dan lupa dengan keluarga, teman dan lainnya karena bingung memikirkan dirinya sendiri.

Tiupan yang kedua adalah tiupan yang menghancurkan segalanya dan semua makhluk yang bernyawa meninggal. Tanpa kecuali semua hewan dan makhluk halus, seperti jin dan setan yang mempunyai umur cukup panjang dibandingkan manusia. Dan tiupan yang ketiga adalah tiupan untuk menghidupkan semua makhluk yang telah meninggal sehingga hidup kembali. Setelah itu semua makhluk dimintai pertanggungjawaban atas apa yang diperbuatnya selama hidup di dunia.