Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Rukun Islam yang Harus Dijalankan Setiap Orang Muslim

Di dalam islam ada yang dikenal dengan istilah rukun islam, yaitu sesuatu yang harus dijalankan oleh setiap muslim. Rukun islam ada lima dan sesuai dengan hadis nabi yang tertulis dalam kitab shahih bukhori. Dari 5 hal tersebut adalah kewajiban dalam agama islam, dan 5 rukun islam tersebut yaitu ...
salat
salat
1. Membaca dua syahadat

Dua syahadat adalah bacaan yang harus di baca oleh setiap orang yang ingin memeluk agama islam atau ingin menjadi mualaf. Dua syahadat tersebut dalam bahasa arab dan jika diartikan yaitu ... Saya  bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Alloh dan nabi Muhammad adalah utusannya. Syahadat tersebut tidak perlu dibaca jika seseorang dilahirkan sebagai muslim atau orang tuanya adalah muslim.

2. Menjalankan salat

Salat adalah ibadah yang dilakukan 5 kali dalam satu hari dan pada waktu yang sudah ditentukan dalam islam. Lima salat tersebut yaitu salat subuh, zuhur, asar, magrib dan isya, selain itu sebelum menjalankannya harus berwudu dahulu untuk menghilangkan hadas kecil. Saat menjalankannya pakaian badan dan tempatnya juga harus suci dari najis agar salatnya sah.

3. Puasa ramadan

Puasa ramadan adalah puasa yang dijalankan saat bulan ramadan dan dalam menjalankannya satu bulan penuh. Puasa adalah menahan diri dari hal yang membatalkan puasa, seperti makan, minum dan lainnya. Puasa di lakukan bagi orang yang kuat dalam menjalankannya, jika tidak maka boleh untuk tidak puasa, akan tetapi wajib untuk menggantinya di lain waktu. Orang tersebut seperti orang yang sakit, wanita hamil dan menyusui yang khawatir akan kesehatan dirinya dan anaknya.

4. Zakat

Zakat ada dua macam yaitu zakat fitrah dan zakat mal, zakat fitrah adalah zakat yang dikeluarkan oleh setiap orang muslim pada malam hari raya idul fitri. Zakat yang dikeluarkan yaitu berupa bahan makanan pokok di negara tersebut sekitar 3 kg. Sedangkan zakat mal adalah zakat untuk harta, seperti harta perdagangan, emas, perak peternakan dan lainnya.

5. Haji

Haji adalah ibadah pergi ke kota mekkah di negara saudi arabia pada sekitar bulan zulhijah yang dilakukan satu kali bagi setiap umat muslim. Ibadah haji memerlukan biaya yang tidak sedikit oleh karena itu ibadah tersebut dilakukan bagi orang yang mampu. Jika tidak mampu maka ibadah haji tidaklah wajib dijalankan, baik dalam segi biaya, kesehatan atau keamanan dalam perjalanan.