Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Pecahnya Perang Antar Umat Manusia

Umat manusia hidup di bumi sudah mencapai waktu yang sangat lama, yaitu kira kira sudah ribuan tahun. Manusia hidup di bumi mulai dari komunitas kecil hingga menjadi komunitas yang banyak dan berbangsa bangsa. Manusia juga mempunyai ciri dan rupa yang berbeda, mulai dari bentuk wajah, tinggi badan, warna kulit hingga bahasa yang berbeda. Manusia hidup di berbagai tempat, berbeda pulau, benua, arah mata angin dan iklim.
perang
perang
Dengan berbagai perbedaan tersebut, sebagian besar manusia mulai bermusuhan dan bersaing dalam kehidupannya, padahal semua umat manusia berasal dari satu keturunan yaitu dari bapak Adam dan ibu Hawa. Berbagai permusuhan tersebut menimbulkan peperangan yang memakan korban tidak sedikit, hingga jutaan nyawa meninggal dunia. Peperangan yang banyak memakan korban misalnya yaitu, perang dunia 1 dan 2. Dalam sebuah peperangan atau konflik, ada sebuah alasan atau sebab yang menjadikan peperangan tersebut. Selain penyebab yang disebutkan di atas berikut ini adalah beberapa alasan atau motif dalam sebuah peperangan ...

1. Alasan perluasan wilayah dan harta benda

Pada zaman dahulu negara masih dalam bentuk kerajaan, dan keadaan tersebut menuntut untuk perluasan wilayah, karena jika hal tersebut tidak dilakukan maka akan menjadi mangsa kerajaan lain. Jika misalnya kita diserang oleh bangsa lain dan kita kalah, maka tanah kita akan diduduki, harta kita dirampas dan kita bersama keluarga kita menjadi budak.

Tentunya hal tersebut tidak kita inginkan, maka dari itu pada zaman dahulu, semua kerajaan berlomba lomba untuk menguasai bangsa lain atau mempertahankan bangsa sendiri dari serangan bangsa lain. Penyebab tersebut adalah yang paling umum terjadi, akan tetapi seharusnya kita hidup bersama dengan damai agar tidak ada korban yang sia sia karena hanya ambisi sesaat. Hal tersebut menyebabkan peperangan antar umat manusia yang berskala kecil maupun besar.

2. Alasan agama dan ideologi

Alasan yang kedua adalah alasan agama, seperti dalam kasus pemaksaan sebuah agama yang dianut. Seorang manusia satu memaksakan pemahaman agamanya terhadap orang lain, sampai menimbulkan penganiayaan bahkan pembunuhan. Hal tersebut tidaklah dibenarkan karena sesungguhnya manusia bebas memilih agamanya sendiri, tanpa paksaan orang lain.

Kemudian masalah ideologi, contoh kasus yang terjadi yaitu ideologi komunis yang menganiaya bahkan sampai melakukan penyiksaan dan pembunuhan terhadap orang yang tidak sepaham. Hal tersebut sangatlah tidak dibenarkan, karena ancaman dan penganiayaan adalah suatu hal yang keluar dari hak seorang manusia untuk memilih untuk dirinya sendiri. Hal tersebut menyebabkan peperangan antar umat manusia yang berskala kecil maupun besar.

3. Tidak suka dengan suatu ras manusia atau etnis

Masalah tersebut yang sudah terjadi yaitu seorang manusia menganggap bangsa lain adalah bangsa yang rendah, yang perlu disingkirkan bahkan dilenyapkan. Seperti nazi jerman yang menganggap orang kulit hitam adalah bangsa yang rendah dan dalam kasus lainnya. Hal tersebut sebenarnya tidaklah perlu terjadi, karena semua manusia adalah sama dan bersaudara.

Jadi janganlah kita mempermasalahkan perbedaan yang sebenarnya adalah hal yang biasa. Maka hiduplah dengan damai, syukuri yang kita punya dan jika kita mempunyai masalah, selesaikanlah dengan jalan yang terbaik dan tanpa peperangan yang akan menjadikan kita menyesal pada akhirnya.