Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Blog dan Dapat Uang dari Adsense Sampai Berhasil

Blog adalah sebuah situs yang berisi catatan pribadi, artikel dan ide ide yang kita tuangkan dalam sebuah tulisan. Berbeda dengan situs lainnya, misalnya situs berita, forum, jual beli dan lainnya, yang membedakan yaitu cara pembuatannya. Disamping itu situs tersebut lebih sulit dalam pengerjaan dan juga lebih mahal biayanya.
blog
blog
Dengan menulis kita dapat memperoleh penghasilan, bahkan sampai puluhan juta, hasil tersebut bisa dari adsense atau lainnya. Pada dasarnya jika kita mempunyai media yang banyak menjadi perhatian banyak orang, maka  hal tersebut dapat dikomersialkan, seperti dipasangi iklan adsense atau iklan mandiri.

Selain itu jika blog kita sudah banyak pengunjung, kita juga bisa mempromosikan produk yang kita jual. Misalnya kita mempunyai sebuah produk, kemudian kita posting pada blog kita dengan diberi no telepon atau no whatsapp kita. Maka dengan begitu kita akan mendapat banyak pesanan dan mendapatkan hasil yang lumayan.

Untuk cara membuat blog dan menghasilkan uang dari iklan adsense tidaklah mudah, kita harus konsisten dan mempunyai keinginan yang kuat. Akan tetapi jika kita mempunyai skill yang bagus tentang pembuatan blog dan pembuatan artikel, maka itu akan lebih mudah. Jika kita mempunyai ilmu dan keahlian, dalam masalah apapun kita akan lebih mudah untuk menjalaninya.

Dalam pembuatan blog banyak pilihan yang dapat kita gunakan, salah satu dan lainnya mempunyai kelebihan masing masing. Bagi kita dengan budget rendah, dapat menggunakan blogspot.com, yang tidak memungut biaya sama sekali atau gratis. Dengan blogspot.com kita bisa memasang domain TLD, pasang iklan, mengedit kode dan lainnya dengan gratis, tanpa biaya sama sekali.

Domain adalah sebuah nama situs, misalnya www.situssaya.com, dan jika di blogspot.com belum menggunakan domain TLD maka alamatnya adalah www.situssaya.blogspot.com. Kebanyakan blogger pemula menggunakan blogspot.com, dan situs tersebut dimiliki oleh google yang siap mendukung kemajuannya. Tentunya hal tersebut sangat menguntungkan kita karena dapat membuat blog dengan gratis, tanpa mengeluarkan uang sepeserpun.

Kita juga dapat menggunakan wordpress dalam membuat blog, dan perlu diketahui bahwa wordpress itu ada dua macam. Yang pertama yaitu wordpress.com dan wordpress.org, keduanya berbeda dalam segi pembuatan dan biayanya. Wordpress.com adalah sama dengan blogspot.com akan tetapi wordpress.com perlu upgrade atau membayar untuk menambah domain sendiri dan memasang iklan kita. Jadi kita dapat menggunakan layanannya dengan gratis selamanya akan tetapi fiturnya terbatas.

Wordpress.org dalam pembuatannya lebih sulit dan lebih mahal biayanya dibandingkan blogspot.com dan wordpress.com. Pada dasarnya sebuah blog atau situs adalah sebuah data yang berada pada sebuah komputer, dan selalu terhubung ke internet. Jadi data tersebut akan selalu dapat diakses oleh orang banyak, dan ilustrasinya kompter selalu menyala dan terhubung ke internet.

Jika kita menggunakan blogspot.com dan wordpress.com maka masalah tersebut sudah disediakan olehnya, kita tinggal posting artikel dan semua beres. Akan tetapi kita harus mematuhi peraturannya, jika tidak maka blog kita bisa dihapus karena melanggar peraturannya. Hal tersebut pernah dialami oleh penulis, karena pada saat itu masih awam dalam dunia internet.

Sedangkan wordpress.org adalah, kita mengelola sendiri data blog kita dan yang berhubungan dengannya, mulai dari komputer, koneksi internet dan lainnya. Akan tetapi kita sulit melakukan hal tersebut, maka dari itu terciptalah jasa penyewaan hosting. Jadi penyewaan hosting menyewakan memori data, koneksi internet, dan lainnya, kita tidak perlu repot karena sudah disediakan oleh jasa penyewa hosting.

Secara umum biaya untuk pembuatan blog itu di gunakan untuk menyewa domain dan hosting, dan dibayarkan per tahun. Berikut ini adalah cara dan langkah untuk pembuatan blog ...

Cara membeli domain

Domain adalah sebuah nama situs kita misalnya www.situssaya.com, .net, .org dan lainnya. Domain itu bisa kita beli di situs yang memberikan jasa pembelian domain, dan harganya relatif dari 100 ribu sampai jutaan, harga tersebut bisa berbeda dengan biaya perpanjangannya. Sebuah nama domain yang kita inginkan terkadang tidak tersedia karena sudah digunakan oleh orang lain, maka cobalah cek dahulu ketersediaannya sebelum membeli.

Domain tersebut tidak harus kita beli jika kita hanya mencoba membuat blog untuk memposting artikel yang kita buat. Akan tetapi nama domain adalah penting untuk masa depan blog kita. Di indonesia untuk membelinya kita dapat melalui situs rumah web, hostinger, niagahoster dan lainnya. Jika kita ingin membeli sebuah domain cobalah cek dahulu ketersediaan domain yang kita inginkan, kemudian checkout dan kita transfer uang sesuai dengan taguhan. Setelah itu domain tersebut bisa kita pasang pada blog kita di blogspot.com atau lainnya. 

Cara membuat blog dengan blogspot.com

Untuk membuat blog di blogspot.com yang pertama kita lakukan adalah membuat akun gmail. Untuk membuatnya buka saja gmail di browser, kemudian klik daftar setelah itu masukan data pribadi dan juga telepon. Akun gmail tersebut sangatlah penting jadi buatlah dengan serius dan jagalah dengan baik.

Setelah akun gmail sudah jadi, masuk ke situs blogger.com dengan akun gmail yang sudah kita buat tadi. Mulailah membuat blog dengan sebuah nama yang kita inginkan dan pilihlah template yang kita sukai, terdapat beberapa template yang dapat kita gunakan. Kemudian jadilah blog yang telah kita buat, tinggal kita mengisi berbagai artikel yang telah kita buat.

Setelah itu cobalah untuk mengedit tampilan blog kita, mulai dari widget, kode html dan lainnya, sampai kita menyukai tampilannya. Untuk mengedit tampilan template kita dapat mencari tutorialnya di google, selain itu kita juga bisa mengganti teplate bawaan blogger dengan template sendiri. Kita dapat memasang domain kita di blog yang telah kita beli, jadi blog kita tidak lagi berakhiran blogspot.com. Jangan lupa untuk membuat halaman about, contact, privacy policy, disclaimer dan daftar isi blog.

Cara membuat artikel yang baik

Setelah blog jadi kita tinggal membuat artikel, sebaiknya artikel yang kita buat 300 kata sampai 700 kata bahkan lebih. Karena mesin pencari google adalah sumber utama visitor atau pengunjung kita, dan situs yang muncul pada pencarian google adalah situs dengan artikel yang panjang. Jadi jika artikel kita mempunyai sedikit kata maka akan sulit mendapatkan visitor. Untuk melihat jumlah kata pada artikel yang kita buat kita bisa menggunakan sebuah aplikasi, misalnya microsoft word, pada arah kiri bawah kita bisa melihat jumlah kata dan karakter artikel kita.

Bagi orang yang baru dalam menulis, tentunya akan sulit dalam membuat artikel dengan 300 kata atau lebih. Akan tetapi jika sudah terbiasa maka hal tersebut tidaklah sulit, dan artikel yang kita buat dapat berasal dari ide ide kita atau berbagai pengalaman yang pernah kita alami. Setelah artikel kita jadi, kita dapat mempostingnya di blog kita, dan akan lebih baik jika kita menambahkan minimal satu gambar yang sesuai dengan artikel kita.

Untuk memasang gambar, pasanglah gambar yang tidak mempunyai hak cipta, misalnya gambar milik sendiri atau gambar yang free use atau bebas digunakan. Kita dapat mendapatkan gambar tersebut di situs pixabay.com dan jangan lupa berilah keterangan pada gambar tersebut saat memposting artikel.

Cara membuat blog dengan wordpress.com

Untuk membuat blog di wordpress.com tidaklah sulit, kita tinggal mengunjungi situsnya dengan mendaftar telebih dahulu. Kemudian membuat blog kita dengan membuat nama blog tersebut seperti membuat di blogspot.com. Setelah itu blog sudah jadi tinggal kita memposting artikel artikel yang telah kita buat. Untuk menambahkan domain, pasang iklan dan edit html kita diharuskan mengupgrade blog kita dengan sejumlah biaya, jadi tidak gratis seperti blogspot.com.

Cara membuat blog dengan wordpress.org

Untuk membuatnya cukup sulit bagi pemula dan terbilang mudah bagi yang sudah ahli, caranya yaitu kita membeli domain dan menyewa hosting. Terkadang dalam pembelian paket hosting sudah termasuk domain jadi kita mendapatkan secara gratis, tergantung jasa penyewaan hosting yang kita pilih dan gunakan. Kita dapat menggunakan jasa penyewaan hosting terbaik untuk blog kita, baik yang lokal maupun luar negeri.

Setelah kita membeli domain dan hosting kemudian kita menginstal CMS wordpress di blog kita, biasanya sudah disediakn oleh jasa hosting. Pada dasarnya penggunaan hosting tersebut bukan hanya untuk wordpress saja, kita dapat menginstal CMS selain wordpress, misalnya CMS situs jual beli, forum dan toko online. Sistem tersebut tidaklah berbeda dengan situs yang sudah terkenal, seperti facebook, situs pencari google dan lainnya, yang membedakan adalah CMS atau aplikasi yang di instal pada sebuah hosting.

Saat menyewa hosting terdapat banyak paket pilihan, misalkan 100 ribu, 400 ribu sampai satu juta perbulan. Semakin mahal paket yang kita beli semakin banyak fitur yang kita peroleh dan kita dapat memilih sesuai dengan budget yang kita punya. Setelah CMS wordpres sudah kita instal kita dapat menginstal beberapa plugin yang kita butuhkan. Plugin tersebut ada gratis dan berbayar, setelah itu kita tinggal memposting artikel yang telah kita buat. Untuk memasang iklan dan mengedit blog kita, sudah tidak ada biaya tambahan lagi.

Cara mempromosikan blog

Setelah kita banyak menulis artikel di blog kita, kita perlu mempromosikannya untuk menambah visitor atau pengunjung. Salah satu caranya yaitu dengan membagikan postingan blog kita di media sosial seperti di facebook, google plus dan twitter. Di facebook kita dapat membuat fanspage dan membagikan artikel kita secara rutin, dan jika kita kesulitan membagikannya karena terlalu sering kita dapat memggunakan layanan di situs dlvr.it. Dengan situs tersebut kita dapat membagikan postingan kita ke media sosial secara otomatis dan tidak dipungut biaya sama sekali.

Cara mendaftar dan mendapatkan uang dengan adsense

Adsense adalah jaringan iklan milik google dan kita dapat memasang iklan tersebut di blog kita, kemudian bisa mendapat penghasilan yang cukup lumayan. Penghasilan tersebut dapat mencapai puluhan juta hingga ratusan juta, tergantung jumlah visitor blog kita. Sebelum mendaftar di adsense sebaiknya daftarkan dahulu blog kita di google search console dan google analytics. Hal tersebut dilakukan untuk memudahkan blog kita ditemukan oleh mesin pencari google yang akan menambah visitor blog kita.

Cara mendaftarkan blog kita di adsense yaitu kunjungi saja google adsense kemudian klik daftar. Setelah itu masukkan alamat blog kita misalnya www.situssaya.com dan centang untuk mematuhi semua ketentuan dari google adsense. Sebaiknya baca dulu, agar kita terhindar dari pelanggaran yang kita buat.

Setelah itu masukkan nama dan alamat kita dengan tepat, karena nama dan alamat tersebut nantinya tidak akan bisa di rubah kembali, biasanya juga diminta nomor telepon. Kemudian masukkan kode iklan adsense ke dalam kode html blog kita,letakkan tepat di bawah kode <head>. Setelah selesai blog kita akan diperiksa olah tim dari google apakah situs kita layak untuk dipasangi iklan.

Biasanya menunggu satu hingga beberapa hari, dan jika kita diterima, kita akan menerima email bahwa situs kita telah disetujui. Kemudian kita tinggal memasang iklan pada blog kita dan meningkatkan visitor untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Setelah mencapai 10 $ kita akan di kirim surat sesuai dengan alamat yang kita berikan.

Surat tersebut berisi kode yang harus kita masukan di adsense, dan setelah saldo mencapai 100 $ kita dapat menerima penghasilan kita. Pembayaran dilakukan melalui rekening bank yang telah kita daftarkan di adsense, dan pembayaran  tersebut dikirimkan setiap bulan. Pada dasarnya konten artikel kita adalah kunci penghasilan kita, jika artikel kita banyak dan berkualitas maka akan mendatangkan banyak visitor di blog kita, sehingga kita mendapatkan hasil yang memuaskan.

Cara memelihara blog

Setelah blog kita berhasil, kita harus tetap menjaga dan memeliharanya agar tidak terjadi masalah yang serius. Yang perlu kita perhatikan salah satunya yaitu perpanjangan domain jika hampir habis, selalu posting artikel paling tidak satu kali dalam seminggu, agar visitor tidak hilang. Jika hal tersebut kita lakukan maka blog kita dapat dijadikan sumber penghasilan kita, bahkan ada orang yang keluar dari pekerjaanya karena ingin menjadi blogger walaupun gajinya perbulan mencapai puluhan juta.