5 Cara Agar Terhindar Dari Pergaulan Bebas

Pergaulan adalah bagian yang tidak bisa lepas dari hidup kita, karena kita adalah makhluk sosial. Oleh karena itu kita punya teman, keluarga dan sampai tetangga kita. Di zaman yang modern ini kita sering mendengar istilah pergaulan bebas. Pergaulan bebas adalah pergaulan diantara orang orang yang saling berteman dan tidak mengenal norma norma agama dan kebiasaan yang baik. Untuk itu kita harus menghindari akan hal tersebut agar kita mempunyai masa depan yang cerah, dan langkah langkah yang perlu kita lakukan diantaranya yaitu ...
diluar norma
diluar norma
1. Pilihlah teman yang mempunyai pribadi yang positif

Teman adalah identitas kita, karena ada kata bijak yang mengatakan “bila ingin melihat bagaimana kepribadian seseorang lihatlah kepada teman temannya” jadi seorang teman bisa menunjukkan bagai mana sifat orang yang menemaninya. Disamping itu seorang teman dapat sangat mempengaruhi kepribadian kita. Untuk itu pilihlah teman yang baik, bahkan dapat membawa kita kedalam hal hal yang positif.

2. Cobalah untuk menjadi orang yang baik

Menjadi pribadi yang baik adalah hal yang sangat baik bagi seseorang karena bila seseorang tersebut itu baik maka baik pula hal hal lainnya. Bila kita menjadi seseorang yang baik maka teman teman kita otomatis adalah orang orang yang baik, dan akan menjadi komunitas yang positif, bermanfaat dan tidak merugikan orang lain.

3. Mintalah nasehat dari orang tua

Orang tua adalah dapat menuntun kita ke jalan keselamatan, saat kita masih dalam masa remaja. Masa remaja adalah masa yang krusial disebabkan karena seorang remaja kekuatan pikirannya masih seperti anak anak akan tetapi nafsunya seperti orang dewasa, maka dari itu seorang remaja biasanya akan sulit mengontrol emosinya dan mencari jalan yang baik. Untuk itu salah satu cara agar seorang remaja memperoleh jalan yang baik adalah kita meminta nasehat dari orang tua atau orang yang bijak yang lebih tua dari kita, salah satunya seperti guru di sekolah.

4. Patuhilah perintah agama dan hindari larangannya

Semua ajaran yang dijarkan agama adalah membawa ke arah yang positif, untuk itu agar tindakan kita bisa terkontrol menuju hal yang positif tentunya kita mamatuhi agama. Seperti perintah sholat, kita harus mematuhinya karena shotah adalah suatu ibadah yang dapat menghindarkan kita dari perilaku yang keji dan tidak baik. Jika kita perhatikan orang orang yang bertindak kriminal adalah orang orang yang meninggalkan sholatnya. Untuk itu norma norma agama adalah sesuatu hal yang penting agar kita terhindar dari bahaya pergaulan bebas.

5. Ajaklah teman kepada hal yang positif

Selain kita mencari teman yang mempunyai kepribadian yang baik agar kita terbawa menjadi positif kita juga dapat mengajak ke dalam hal yang positif. Manfaat dari kita mengajak teman ke hal positif selain kita mendapat pahala kita juga termasuk seseorang yang ikut membangun dalam hal hal yang positif dan bermanfaat. Itulah beberapa usaha yang dapat kita lakukan untuk terhindar dari pergaulan bebas yang perlu kita waspadai.

0 Response to "5 Cara Agar Terhindar Dari Pergaulan Bebas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel