Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Energi Listrik bagi Kehidupan Manusia

Apakah anda tahu energi listrik ... bagaimana kalau kehidupan manusia tanpa listrik ... bisakah anda hidup tanpa listrik ... energi listrik adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, seperti untuk menyalakan televisi, mengecas handphone, menghidupkan lampu pada malam hari dan lainnya.
lampu
lampu
Dahulu manusia memasak menggunakan kayu bakar kemudian menggunakan minyak bumi, padahal sumber energi tersebut adalah sumber energi yang terbatas keberadaannya, bahkan mungkin akan habis. Untuk itu listrik adalah energi alternatif yang dapat menggantikannya. Kendaraan bermotor juga menggunakan bahan bakar minyak bumi, di mana-mana kita melihat kendaraan bermotor dan kita tidak bisa lepas darinya. Dan sekarang sudah ada inovasi untuk menggunakan teknologi yang menggunakan energi listrik untuk menggerakkan kendaraan.

Energi listrik adalah energi yang dapat diperbaharui, jadi energi ini dapat dibuat oleh sebuah teknologi. Untuk menghasilkan energi listrik diusahakan yang ramah lingkungan karena tidak mengganggu kehidupan di sekitarnya dan banyak jenis teknologi yang bisa digunakan, seperti pembangkit listrik tenaga air. Pembangkit ini dapat di pasang pada sebuah bendungan, kemudian memutar turbin dan generator. Jadi sebuah bendungan di samping dapat mengairi pertanian juga dapat dijadikan pembangkit listrik dan menghasilkannya untuk kehidupan kita.

Selain itu juga ada pembangkit tenaga panas bumi tenaga angin, untuk pembangkit tenaga angin teknologi ini sudah di praktikkan di negara denmark dan sudah cukup berhasil. Tenaga angin dapat memutar turbin dan kemudian generator yang menghasilkan listrik, biasanya di tempatkan di tengah laut yang mempunyai kecepatan angin yang mencukupi agar dapat memutar turbin dan bentuknya besar, akan tetapi ada juga yang di darat.

Menurut para ahli pembangkit listrik untuk memenuhi kebutuhan listrik masa depan yaitu pembangkit listrik tenaga nuklir, karena teknologi ini cukup ramah lingkungan dibandingkan memakai bahan bakar minyak dan batu bara. Akan tetapi teknologi ini harus dengan pengawasan ketar karena berbahaya apabila terjadi sebuah kecelakaan pada pembangkit atau terkena bencana seperti gempa bumi dan lainnya. Seperti yang terjadi di sebuah kota di negara rusia dan di sebuah pulau di jepang. Untuk itu walaupun menjadi solusi untuk masa depan juga harus dengan pengawasan yang ketat agar kita bisa terhindar dari bahaya radiasi nuklir yang di akibatkan oleh sesuatu yang tidak kita inginkan.