Cara Membeli Domain untuk blogspot.com dengan Mudah

Domain adalah sebuah nama bagi sebuah blog atau situs yang selalu diingat oleh setiap visitor yang datang. Dengan demikian jika ingin mengunjungi lagi maka tidak kehilangan situs tersebut karena mempunyai nama link. Untuk itu jika kita mempunyai blog maka kita harus memilih sebuah nama untuknya.
domain
domain
Jika kita mempunyai blog masih menggunakan nama blogspot.com maka jika kita ingin menggantinya dengan domain TLD, maka kita harus membelinya di situs penyewaan hosting. Domain TLD adalah domain yang berakhiran .com, .net, .org dan lainnya, domain tersebut lebih baik jika dibandingkan dengan domain blogspot.com.

Jadi kita membeli atau menyewa sebuah nama domain TLD selama satu tahun dengan biaya yang kita keluarkan. Jika satu tahun akan habis maka jika kita ingin tetap masih menggunakannya maka kita harus memperpanjangnya. Tentunya jika memperpanjangnya maka kita harus membayar sejumlah biaya kepada penyedia jasa domain.

“ Jika kita ingin menggunakan domain TLD maka jangan menggunakan jasa perantara orang lain karena akan lebih rumit kedepannya, selain itu kita bisa melakukan sendiri dengan mudah”

Langkah pertama yang kita lakukan yaitu memilih situs untuk sewa domain, admin sarankan gunakan tempat sewa domain lokal, karena mudah dalam pembayarannya dan jika bertanya pada CS nya memakai bahasa indonesia. Banyak penyedia domain yang bisa pilih, admin sarankan lagi pilih penyedia domain yang sudah banyak dikenal banyak orang, karena lebih kredibel.

Admin contohkan misalnya rumahweb, niagahoster, hostinger dan lainnya, yang penting sudah dikenal banyak orang dan banyak penggunanya. Kalau ingin yang bagus dan murah pilihlah hostinger, karena hal tersebut sesuai pengalaman admin sendiri. Jika sudah memilihnya, langsung saja kita meluncur ke situsnya menggunakan browser.

Jika sudah masuk, daftar akun terlebih dahulu dan ingat ingat email dan sandinya, karena ini menyangkut berlangsungnya domain kita ke depan. Setelah daftar cek ketersediaan nama domain yang kita inginkan, misalnya blogsaya.com. Selain itu kita juga bisa memilih yang berakhiran .net, .org dan lainnya, akan tetapi kebanyakan menggunakan .com.

Setelah nama domain yang kita inginkan tersedia kemudian lakukan checkout untuk menyelesaikan pembelian. Setelah itu pilih masa penyewaan domain, satu, dua tahun atau lebih tergantung lama waktu yang kita inginkan. Jika masa sewa akan habis jangan lupa segeralah memperpanjangnya, kalau tidak domain kita mungkin akan hilang.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk satu tahun biasanya kurang lebih 150 ribu, jadi tidak terlalu mahal. Kemudian lanjutkan ke tahap pembayaran, kita bisa memilih pembayaran menggunakan ATM dan lainnya, tergantung yang kita inginkan. Lakukan pembayaran sesuai dengan jumlah yang ditagihkan agar tidak terjadi kekeliruan.

Tunggu satu atau dua hari untuk diproses, jika sudah diproses sudah bisa menggunakan domain tersebut. Bagaimana cara menggunakannya ? Kita harus menyambungkan domain tadi yang kita sewa dengan blog kita. Cara menyambungkan itu berbeda beda, tergantung di mana kita menyewa domain. Misalnya kita menyewa di rumahweb maka cara menyambungkan tentunya berbeda dengan di niagahoster.

Banyak tutorial yang bisa kita gunakan untuk menyambungkan domain dengan blog kita, kita bisa mencarinya di google. Usahakan jangan membeli di google domain karena sulit untuk pembayarannya jika kita tidak mempunyai rekening mastercard atau visa. Demikianlah cara membeli domain untuk blog kita, semoga bermanfaat untuk para pembaca.

0 Response to "Cara Membeli Domain untuk blogspot.com dengan Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel