Sejarah Sistem Operasi Android yang Fenomenal

Android adalah salah satu sistem operasi untuk ponsel yang paling banyak digunakan dan paling populer di mata pengguna smartphone saat artikel ini ditulis. Hal tersebut dikarenakan android adalah sistem operasi yang opensource, dengan begitu bebas digunakan dan dimodifikasi oleh siapa dengan syarat tertentu.
android
android
Android pertama kali dirancang dan dibuat oleh andy rubin yang rencana awalnya yaitu untuk sistem operasi kamera digital. Karena pada saat itu ponsel pintar sedang berkembang pesat dan perangkat tersebut sudah terdapat kamera, maka android dialihkan untuk sistem operasi ponsel. Sebelumnya andy rubin menawarkan sistem operasi tersebut kepada perusahaan samsung, akan tetapi ditolak.

Saat ditawarkan ke perusahaan google, ia menerimanya dan perusahaan android dibelinya dan menjadi anak perusahaan. Harapan dari google adalah semakin banyak pengguna android dan melebarkan jaringan iklannya. Google sendiri penghasilan terbesarnya yaitu berasal dari jaringan periklanan yang besar.

Android dikembangkan waktu demi waktu untuk memuaskan pengguna dan saat artikel ini ditulis sudah sampai versi yang ke 10. Dari versi awal android selalu diberi nama sebuah makanan, karena agar lebih mudah diterima oleh konsumen. Android dibangun menggunakan karnel linux yang juga merupakan sistem operasi opensource.

Salah satu alasan mengapa android dipilih konsumen karena di dalamnya terdapat banyak layanan yang dibutuhkan dan disukai. Misalnya google chrome, google maps, google play yang berisi banyak aplikasi dan lainnya. Karena hal tersebut android sulit untuk ditinggalkan konsumen dan sulit disaingi oleh sistem operasi lainnya.

Terkadang android terjadi bug, akan tetapi masalah tersebut selalu diperbaiki dan android terus dikembangkan agar lebih baik lagi. Selain untuk ponsel android juga bisa dipasang di perangkat elektronik lainnya, yaitu tv pintar dan jam pintar. Dengan begitu menambah kepopuleran sistem operasi ini di mata pengguna ponsel di penjuru dunia.

Yang disukai oleh pabrikan ponsel yaitu bahwa mereka hanya fokus untuk membuat perangkat keras ponsel yang bagus. Sedangkan perangkat lunaknya tinggal menggunakan sistem operasi android yang canggih dan gratis menggunakannya. Selain itu pabrikan ponsel juga boleh memodifikasinya sesuai dengan yang diinginkannya. 

0 Response to "Sejarah Sistem Operasi Android yang Fenomenal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel