Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Tanggal Hari Malam Lailatul Qodar dan Alasannya

Lailatul qodar adalah sebuah malam yang terjadi pada setiap bulan ramadan dan mempunyai keutamaan lebih baik dibandingkan 1000 bulan untuk beribadah. Ini adalah keutamaan yang diberikan kepada umat nabi muhammad oleh Allah. Untuk itu kita semestinya bersyukur atas apa yang diberikan oleh Allah kepada kita.
bulan
bulan
Malam lailatul qodar mempunyai keutamaan lebih baik dibandingkan seribu bulan untuk melakukan ibadah. Seribu bulan yaitu 83,3 tahun, jadi jika beribadah satu malam pada malam lailatul qodar itu lebih baik dibandingkan dengan ibadah selama 83 tahun. Jadi kita harus memanfaatkan momen tersebut untuk memperoleh keutamaan yang luar biasa.

Ada yang mengatakan bahwa ada salah satu orang dari bani israil yang melakukan ibadah selama 1000 bulan. Kemudian nabi dan para sahabat takjub dengan orang tersebut, kemudian Allah memberikan keutamaan malam lailatul qodar kepada umat muhammad. Malam lailatul qodar tersebut adalah malam yang istimewa, karena malam tersebut adalah malam pertama kali diturunkannya al qur’an.

Yang menjadi masalah adalah kapan tanggal malam lailatul qodar tersebut, dan hal itu menjadi perdebatan para ulama’. Diterangkan bahwa malam lailatul qodar terjadi pada bulan ramadan, pada tanggal 15 ke atas, pada tanggal ganjil yang akhir. Dalam kitab tafsir munir diterangkan bahwa suatu hari sahabat umar di tanya tentang tanggal malam lailatul qodar.

Kemudian sahabat umar meminta kepada sahabat ibnu umar untuk menerangkan hal tersebut, karena beliau mengetahui ilmu yang tidak diketahui oleh orang lain. Kemudian ia menjelaskan bahwa angka yang paling disukai Allah adalah ganjil, angka ganjil yang paling disukaiNya adalah angka 7.

Angka 7 sesuai dengan jumlah langit, hari, lautan dan daratan atau benua, dari penjelasan tersebut menunjukkan malam lailatul qodar adalah tanggal 27 bulan ramadan. Tanda tanda malam lailatul qodar yaitu tidak ada hujan dan angin, kemudian suasana yang tenang. Ada yang mengatakan bawa pada suatu hari di bulan ramadan air laut menjadi tawar.

Kemudian setelah diselidiki air laut menjadi tawar pada tanggal 27 bulan ramadan, itu menunjukkan bahwa tanggal tersebut adalah malam lailatul qodar. Untuk itu kita jangan melewatkan malam tersebut untuk melakukan ibadah dan menambah pahala kita. 

Post a Comment for "Inilah Tanggal Hari Malam Lailatul Qodar dan Alasannya"