Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Energi Matahari Bagi Kehidupan Manusia

Matahari adalah salah satu benda luar angkasa yang cukup kita kenal, yang menyinari kehidupan kita setiap hari. Matahari adalah salah satu bintang diantara bintang bintang yang ada di langit dan tidak terhitung jumlahnya. Matahari muncul di pagi hari dan tenggelam di waktu sore hari karena rotasi atau perputaran bumi.
matahari
matahari
Matahari sangatlah penting bagi kehidupan manusia, jika tanpa matahari mungkin manusia akan mati atau punah. Karena manusia membutuhkan makanan untuk kebutuhan setiap hari, dan makanan tersebut berasal dari tanaman atau dari hewan yang juga memakannya. Tanaman membutuhkan cahaya matahari untuk berfotosintesis yaitu memasak makanan yang dibutuhkan tanaman tersebut untuk tumbuh.

Jika cahaya matahari padam atau tidak ada maka tanaman tidak tumbuh dan pasokan makanan untuk manusia tidak ada. Pada saat makanan tidak ada maka kita tahu bahwa manusia akan menemui ajalnya atau mati. Untuk itu kita patut bersyukur bahwa tuhan telah menciptakan salah satu makhluknya yaitu matahari yang sangat berguna untuk kita.

Kemudian matahari membuat suhu di bumi menjadi hangat, kita tahu bahwa di daerah kutub suhunya dingin dan di daerah garis khatulistiwa suhunya hangat. Hal tersebut menunjukkan bahwa sinar matahari mempengaruhi suhu yang ada di bumi. Tuhan juga menempatkan matahari dengan jarak dengan bumi tidak terlalu jauh dan terlalu dekat.

Sehingga suhu di bumi tidak terlalu dingin dan terlalu panas dan bumi bisa ditinggali oleh manusia untuk hidup. Sinar matahari juga berguna untuk membunuh bakteri yang ada di dalam rumah kita, jadi jika pagi datang bukalah jendela agar cahaya matahari masuk. Sehingga bakteri yang ada di dalam rumah kita mati dan kita terhindar darinya yang dapat membuat kita sakit.

Pada zaman semakin modern cahaya matahari dapat diubah menjadi energi listrik untuk memenuhi kebutuhan listrik manusia. Dengan menggunakan panel surya yang disusun sedemikian rupa dan diletakkan di bawah sinar matahari sehingga dapat menghasilkan energi listrik. Panel surya tersebut juga dapat dipasang di atap rumah olah perseorangan yang dapat memenuhi kebutuhan listrik rumahnya.

Selain itu jika listriknya berlebih juga dapat dijual ke instansi pemerintah dan mendapatkan penghasilan tambahan. Pembangkit listrik dengan model tersebut sangat ramah lingkungan karena tidak menghasilkan polusi apapun. Sehingga dianjurkan oleh para ahli untuk digunakan, selain itu setiap orang dengan mengeluarkan biaya tertentu dapat memasang panel surya di rumahnya.