Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Seorang Presiden Bagi Sebuah Negara

Negara adalah sebuah lembaga yang dipimpin oleh seorang presiden dan seorang presiden membawahi banyak menteri. Sosok presiden adalah salah satu faktor yang mempengaruhi maju mundurnya sebuah negara. Untuk itu penting dalam pemilihan presiden rakyat sebuah negara jeli dalam menentukan pilihannya.
presiden
presiden
Seorang presiden tentunya mempunyai latar belakang masing masing, seperti latar belakang pengusaha, militer, atau politikus. Latar belakang tersebut menentukan langkah, keputusan dan pola pikir seorang presiden. Untuk itu dalam pemilihan presiden rakyat sebuah negara memahami akan tersebut agar tidak salah memilih pilihannya.

Dalam memilih presiden atau pemimpin sebuah negara hendaklah memilih gender laki laki, karena ada yang mengatakan jika sebuah negara dipimpin oleh seorang wanita maka negara tersebut tidak akan beruntung. Hal tersebut mungkin tidak dapat dibuktikan secara logika akan tetapi masalah tersebut perlu di perhatikan.

Kenapa seseorang penting untuk memperhatikan seorang pemimpinnya karena maju mundurnya sebuah negara salah satu faktornya adalah pemimpin. Dan wujud cinta tanah air atau nasionalis seseorang yaitu dengan peduli akan nasib negaranya, maka jika seseorang mempunyai jiwa nasionalis maka otomatis akan peduli dengan pemimpinnya.

Seorang pemimpin hendaklah seseorang yang mempunyai jiwa disiplin, berwibawa agar dihormati rakyatnya. Jiwa disiplin tersebut sangat penting karena untuk memberi contoh pada bawahannya agar dapat lebih memajukan kemajuan negaranya. Selain itu seorang pemimpin harus punya jiwa peduli akan rakyatnya, karena siapa lagi yang peduli dengan rakyat kalau bukan pemimpinnya.

Seperti saat terjadi bencana dalam sebuah negara, pemimpinlah yang di depan untuk meresponnya. Selain itu saat kondisi rakyat dalam keadaan pengangguran, kemiskinan, kekurangan, seorang pemimpin negara seharusnya memikirkan dan memberikan solusi akan masalah tersebut. Jika hal tersebut tidak terlaksana maka mungkin akan terjadi kekacauan, karena ketidakpuasan rakyat terhadap pemimpinnya.

Hal tersebut dapat dibuktikan dalam sejarah, seperti kejadian revolusi di negara prancis yang berakhir dengan tragedi yang memilukan. Sejarah tersebut hendaknya menjadi pelajaran bagi bangsa yang lain untuk mengerti arti dari seorang pemimpin. Tetapi terkadang seorang manusia tidak bisa belajar dari sejarah dan sesuatu yang telah terjadi.