Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknologi Boiler Batubara untuk Pembangkit Listrik di PLTU

Listrik adalah sebuah hal yang menjadi kebutuhan manusia yang cukup penting, karena banyak kegiatan manusia yang membutuhkan listrik. Misalnya untuk menghidupkan lampu, menyalakan televisi, mengecas laptop, smartphone dan lainnya. Tanpa listrik mungkin kegiatan manusia akan lumpuh sehingga mengganggu kebutuhan dan perkembangan manusia.
batubara
batubara
Untuk mendapatkan listrik kita bisa membuat dan membangun pembangkit listrik, dan banyak pilihan yang bisa kita bangun. Salah satunya yaitu pembangkit listrik tenaga uap, yang sumber panasnya menggunakan batubara. Batubara sendiri banyak terdapat di indonesia yang biasa di tambang, selain itu juga ketersediaannya cukup banyak.

Menurut catatan, batubara merupakan benda tambang yang berasal dari sisa sisa makhluk hidup, seperti pepohonan dan lainnya. Kemudian dalam jangka waktu tertentu terkubur di tanah selama ribuan tahun atau mungkin lebih sehingga terbentuk batubara. Akan tetapi ada yang mengatakan bahwa batubara terbentuk dari dalam perut bumi dan tidak ada hubungannya dengan sisa sisa makhluk hidup.

Batubara mempunyai banyak jenis, jadi penggunaannya disesuaikan dengan kebutuhannya, ada yang digunakan untuk pembangkit listrik, untuk pabrik dan lainnya. Cara kerja pembangkit listrik tenaga uap menggunakan batubara yaitu membakar batubara di dalam boiler batubara. Bari pembakaran tersebut maka akan menghasilkan panas yang akan digunakan untuk memanaskan air.

Air tersebut adalah air yang dimasukkan di dalam ruang atau tabung yang rapat, setelah air menjadi panas, maka akan menghasilkan uap, kemudian semakin lama akan terjadi sebuah tekanan. Tekanan tersebut kemudian disalurkan untuk menggerakan turbin yang sudah dibuat dan dipersiapkan. Turbin tersebut akan terhubung ke sebuah dinamo untuk menghasilkan daya listrik yang diinginkan.

Kita tahu bahwa dinamo adalah sebuah benda atau alat yang dibuat dengan lilitan logam “biasanya tembaga kalau dinamo kecil”, yang sangat banyak. Kemudian lilitan tersebut diletakkan di tengah tengah sebuah magnet yang mempunyai daya tarik. Dari alat tersebut, kita bisa mengamati bahwa saat dinamo tersebut di aliri listrik maka lilitan logam akan berputar.

Kejadian tersebut kita bisa melihatnya di alat kipas angin, pompa air dan lainnya yang ada di sekitar kita. Kemudian sebaliknya jika sebuah dinamo, lilitan logamnya diputar maka akan menghasilkan sebuah daya listrik. Dari fenomena itulah manusia membuat aliran listrik yang kita gunakan sehari hari, salah satunya yaitu untuk menghidupkan lampu saat malam hari.

Boiler batubara dibuat dengan bahan logam yang pembuatannya dengan cara khusus oleh para ahli dalam bidangnya. Demikianlah teknologi boiler batubara yang digunakan untuk pembangkit listrik tenaga uap, semoga bermanfaat bagi para pembaca.
 

Post a Comment for "Teknologi Boiler Batubara untuk Pembangkit Listrik di PLTU"