Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Kota Pompeii yang Hilang Karena Letusan Gunung Vesuvius

Kota pompeii adalah sebuah kota yang ada di negara italia, lebih tepatnya di sekitar kota napoli, kota tersebut adalah kota yang indah pada masa romawi. Kota tersebut hancur dan hilang karena sebuah ledakan gunung merapi vesuvius yang ada di sampingnya. Kejadian tersebut terjadi pada tahun 79 m dan membuat kota pompei hilang dan menjadi dongeng orang yang menceritakannya.
pompeii
pompeii
Sebelumnya kota tersebut sering terjadi gempa kecil, akan tetapi masyarakat sekitar sudah terbiasa karena memang kota tersebut berada di dekat gunung berapi. Pada suatu hari pada tahun 62 m terjadi gempa yang cukup besar sehingga banyak bangunan di kota pompeii yang rusak. Kemudian kota tersebut di bangun kembali untuk memperbaiki kerusakan tersebut dan pembangunannya lebih indah dari bangunan sebelumnya.

Kemudian pada tahun 79 m terjadi gempa di kota pompeii, namun karena warganya sudah terbiasa, mereka tidak terlalu memperdulikannya. Kemudian terjadi gejala yang aneh, yaitu banyak sumur warga yang mengering dan mata air lainnya. Kemudian pada sore harinya terjadi letusan gunung vesuvius yang mengakibatkan kota pompeii rusak dan terkubur oleh reruntuhan gunung merapi.

Kota tersebut terkubur dalam tanah dan hilang, kemudian 1600 tahun kemudian tepatnya pada tahun 1599, seseorang telah menemukan kota tersebut dengan tidak sengaja. Ia bernama fontana, pada saat menemukannya ia sedang menggali tanah untuk sebuah jalan. Dari penemuan tersebut belum langsung di gali, akan tetapi penggaliannya pada 150 tahun setelahnya.

Pada tahun 1860 seorang arkeolog yang bernama Giuseppe Fiorelli bertugas untuk menggali situs penemuan kota pompeii. Ia mengusulkan untuk memasukkan aduka semen ke dalam rongga rongga yang ada di ruangan di kota pompeii. Dengan semen tersebut maka terbentuklah bentuk manusia yang aslinya adalah para korban dari letusan gunung vesuvius.

Dari penemuan bentuk bentuk manusia yang ada ternyata kota tersebut adalah kota tempat kemaksiatan yang parah. Banyak orang pada zamannya di kota tersebut melakukan kemaksiatan bahkan sampai sebuah hal yang sudah biasa. Hikmah dari kejadian tersebut mungkin Allah memberikan azab kepada penghuni kota pompeii.

Dari kejadian tersebut bisa menjadi pelajaran bagi kita, jangan sampai kita melanggar perintah Tuhan sehingga kita lupa kepadanya. Kota pompeii adalah kita yang indah, terdapat bangunan hotel yang besar dengan ukuran 1000 m persegi. Selain itu juga terdapat ruangan yang langsung menghadap ke laut yang merupakan ruangan vip.

Selain itu juga terdapat area teater yang besar sehingga bisa menampung penonton yang banyak untuk sebuah pertunjukan. Kemudian terdapat lapangan yang terdapat banyak pepohonan di sampingnya yang merupakan tempat untuk berlatih perang dan lainnya. Kota tersebut mencerminkan kota yang indah dan hidup, akan tetapi hancur dan hilang karena ledakan gunung merapi vesuvius.
 

Post a Comment for "Sejarah Kota Pompeii yang Hilang Karena Letusan Gunung Vesuvius"