Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian dan Fungsi Roll Meter dalam Dunia Pertukangan

Roll meter adalah sebuah alat untuk mengukur panjang sebuah benda, berfungsi untuk mengukur panjang benda yang kita ukur. Dalam dunia pertukangan banyak alat yang digunakan salah satunya adalah roll meter. Kalau kita perhatikan memang tukang bangunan menggunakan banyak alat untuk membantu dalam pekerjaannya.
roll meter
roll meter
Roll meter sendiri ada yang terbuat dari plastik yang berbentuk pita, ukuran panjangnya bervariasi, ada yang 1 meter hingga 30 meter lebih. Karena terbuat dari plastik maka materialnya lebih mudah digunakan dengan ukuran yang panjang. Biasanya roll meter yang panjang digulung untuk memudahkan untuk membawanya.

Selain itu roll meter juga ada yang dibuat dari logam yang tipis dan berbentuk pita, biasanya panjangnya tidak terlalu panjang. Roll meter tersebut panjangnya yaitu sekitar 3 sampai 5 meter, karena jika ukurannya terlalu panjang maka akan sulit menggulungnya sehingga sulit untuk dibawa. Biasanya roll meter mempunyai dua sisi dengan ukuran yang berbeda, yang satu menggunakan ukuran cm, dan yang lainnya menggunakan ukuran inc.

Hal tersebut dapat membantu bagi orang yang ingin mengukur benda dengan kedua satuan panjang tersebut. Roll meter dapat digunakan untuk mengukur dalam proyek pembangunan jalan raya, biasanya menggunakan roll meter plastik yang mempunyai ukuran cukup panjang. Selain itu juga dalam proyek pembangunan sebuah gedung yang juga membutuhkan roll meter yang panjang.

Sedangkan roll meter dari logam tipis biasanya digunakan untuk mengukur benda yang tidak terlalu panjang, misalnya oleh tukang bangunan dalam membangun ruangan. Misalnya untuk mengukur pintu atau jendela yang membutuhkan ketelitian dan keakuratan untuk hasil yang maksimal. Kemudian roll meter tersebut juga bisa digunakan oleh tukang kayu untuk membuat meja, kursi dan lemari dari bahan kayu.

Untuk mendapatkan roll meter kita bisa membelinya di toko bangunan dengan harga yang cukup terjangkau. Namun untuk roll meter pita plastik yang mempunyai ukuran yang panjang mungkin tidak semua toko bangunan menjualnya. Kita bisa membelinya di toko bangunan yang besar, atau membelinya di toko online di internet.

Walaupun sederhana roll meter sangat dibutuhkan dan berguna bagi tukang bangunan atau dalam pengerjaan sebuah proyek. Karena dalam pengerjaan tersebut membutuhkan keakuratan dalam ukuran untuk mendapatkan hasil maksimal.
 

Post a Comment for "Pengertian dan Fungsi Roll Meter dalam Dunia Pertukangan"