Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Permainan Bongkar Pasang bagi Anak Anak

Masa kanak kanak adalah masa yang tidak bisa dilupakan, karena masa tersebut adalah masa yang paling indah dan mempunyai banyak teman untuk bermain. Masa tersebut adalah masa tumbuh kembang anak sehingga bagi orang tua perlu mendukungnya. Caranya yaitu dengan memberikan makanan dengan gizi yang cukup dan sarana bermain untuknya.
bongkar pasang
bongkar pasang
Salah satu mainan yang bisa kita berikan yaitu mainan bongkar pasang, mainan tersebut adalah mainan yang cukup disukai oleh anak anak. Selain itu ternyata mainan tersebut ternyata mempunyai beberapa manfaat bagi perkembangan anak, yaitu ...

1. Menghargai kreasi sendiri

Dengan bermain bongkar pasang maka anak akan menghasilkan kreasi yang dibuatnya, dengan begitu ia akan sedang dengan hasil kreasinya. Selain itu ia juga memperoleh mental bahwa ia bisa membuat sesuatu dan akan menghargai apa yang ia buat. Di kemudian hari mungkin ia akan membuat hal yang lain dengan menghasilkan sesuatu yang berharga dan bernilai.

2. Mengekspresikan diri

Bermain bongkar pasang akan menjadikan anak mengekspresikan dirinya dengan kreasi yang dibuatnya. Misalnya membuat rumah rumahan, kendaraan atau bentuk hewan, sehingga dapat meningkatkan mentalnya. Selain itu jika anak tidak ada teman yang menemaninya maka bermain bongkar pasang bisa menjadi kegiatan untuk mengisi waktunya.

3. Memberi motivasi

dengan bermain bongkar pasang akan menghasilkan karya dan ia cukup menikmatinya dan memperoleh rasa puas, atau pujian dari pujian dari orang lain. Hal tersebut menjadikannya lebih termotivasi sehingga akan membuat dan mencoba hal hal yang baru. Dapat menghilangkan rasa murung dan menjadikan lebih bersemangat dalam menjalani hari.

4. Mengembangkan ketrampilan

Bermain bongkar pasang dapat mengembangkan ketrampilan anak, karena ia akan mencoba membuat sesuatu yang ia inginkan. Dalam permainan tersebut ia bisa menemukan ide ide yang muncul, dan akan menjadi sebuah ilmu baginya. Selain itu juga bisa mengasah saraf motoriknya untuk berkembang lebih baik dan sehat.

5. Berlatih matematis

Bermain bongkar pasang juga bisa melatih anak dalam segi ilmu hitung dan ukuran jadi merangsang berpikir dalam hal tersebut. Misalnya dalam membuat sebuah bentuk rumah, maka ia tidak boleh salah dan segi ukuran. Hal tersebut dapat membantu anak cara menghitung untuk memecahkan masalah hitungan di masa mendatang.

6. Berlatih memecahkan masalah

Dalam bermain bongkar pasang terdapat banyak masalah yang muncul, misalnya ukurannya yang kurang pas, bentuknya tidak sesuai harapan dan lainnya. Dengan begitu anak akan berusaha untuk memecahkan masalah tersebut, jika berhasil maka ia akan memperoleh kesenangan tersendiri. Jadi permainan tersebut tidak sekedar untuk bermain, akan tetapi juga melatih anak untuk lebih pintar.

7. Berani mencoba

Permainan tersebut bisa membuat anak untuk berani mencoba, misalnya setelah ia berhasil membuat bentuk rumah. Kemudian ia ingin mencoba membuat bentuk lainnya yang ia inginkan, misalnya bentuk kendaraan dan hewan. Keberhasilan di raih  dengan cara berani untuk mencoba, untuk itu sang anak akan terlatih untuk mencoba, sehingga diharapkan ia akan menjadi orang yang sukses.

Perkembangan seseorang dimulai dari paling dini, yaitu sejak umur anak balita, untuk itu sebagi orang tua sebaiknya memberikan makanan dengan gizi yang cukup, selain itu juga memberikan sarana bermain dan belajar untuknya. Demikianlah beberapa manfaat bermain bongkar pasang untuk anak, semoga bermanfaat bagi para pembaca.
 

Post a Comment for "Manfaat Permainan Bongkar Pasang bagi Anak Anak"