Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Bahan untuk Pembuatan Kertas yang Sering kita Gunakan

Kertas adalah sebuah benda yang bentuknya pipih, lebar dan biasanya digunakan untuk menulis tulisan yang dibutuhkan untuk berbagai kebutuhan. Kertas dibuat dari pulp atau bubur kertas, bahan asalnya adalah kayu yang di proses sehingga menghasilkan bubur kertas. Dalam proses tersebut dipisahkan antara serat dan material lainnya dengan mesin pembuat kertas.
kertas
kertas
Pada zaman dahulu sebelum adanya kertas, penulisan dilakukan di atas kulit hewan, batu, bambu dan daun lontar yang ada di nusantara. Selain untuk menulis kertas digunakan untuk menggambar, melukis, kertas tissue untuk pembersih makanan atau toilet dan lainnya. Jika dalam hidup kita tidak ada kertas maka mungkin kita akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan menulis dan lainnya.

Jika kita perhatikan kertas tissue itu sangat tips, bagaimana cara pembuatan kertas tersebut, tentunya menggunakan sebuah mesin. Cara pembuatannya yaitu dari bahan kayu, kemudian diproses dengan memisahkan serat kayu dan lainnya. Kemudian serat tersebut dibuat menjadi pulp atau bubur kertas, pulp tersebut dicampur dengan cairan sehingga encer.

Cairan tersebut kemudian di semprotkan ke sebuah media kemudian dikeringkan, setelah itu jadilah kertas tissue yang kita gunakan. Pada zaman mesir kuno sudah menggunakan kertas yang terbuat dari papirus dan digunakan di berbagai keperluan. Papirus adalah sebuah tanaman yang hidup di sungai nil, tanaman tersebut kemudian diproses untuk menghasilkan kertas.

Dari mesir kemudian menyebar ke seluruh eropa, dari kata papirus kemudian muncul kata paper yang menjadi nama kertas. Di daerah cina juga muncul pembuatan kertas yang terbuat dari berbagai bahan, akan tetapi lebih terkenal pembuatan kertas dari bahan pohon bambu. Menurut sebuah catatan kertas pertama dibuat di daerah ponorogo dengan bahan bakunya yaitu kulit kayu.

Kertas yang dihasilkan di ponorogo kemudian digunakan di kerajaan sriwijaya yang ada di palembang pulau sumatra. Kertas tersebut selain digunakan untuk menulis kemudian dijadikan untuk pembuatan wayang beber. Wayang adalah sebuah seni yang berasal dari nusantara asli yang menarik banyak seniman untuk belajar.

Baru baru ini di jepang ditemukan kertas yang terbuat dari batu kapur, kertas tersebut cukup bagus untuk pengganti kertas biasa. Hal tersebut dilakukan karena kertas biasa terbuat dari kayu yang semakin lama maka akan semakin langka. Tentunya kertas dari batu kapur tersebut diteliti lebih lanjut dan di produksi massal untuk memenuhi kebutuhan. Demikianlah bahan pembuatan kertas yang ada di sekitar kita, semoga bermanfaat bagi para pembaca.
 

Post a Comment for "Inilah Bahan untuk Pembuatan Kertas yang Sering kita Gunakan"