Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Bahan Pembuat Kaca yang ada di Sekitar Kita

Kaca adalah sebuah material yang banyak kita temui di sekeliling kita, misalnya di dalam rumah yaitu gelas, piring dan lainnya. Selain itu kaca digunakan untuk membuat kaca mobil yang sering kita lihat jika kita menaikinya. Kaca biasanya berwarna putih bening, akan tetapi ada juga yang berwarna merah, kuning, hijau dan warna lainnya.
kaca jendela
kaca jendela
Piring yang berwarna tidak bening itu dibuat dari bahan kaca akan tetapi dicampur dengan bahan lain sehingga menghasilkan kaca yang tidak bening. Menurut sebuah catatan bahwa asal mula kaca dibuat pada masa 3000 sebelum masehi menurut hasil arkeolog yang ditemukan di mesir dan mesopotamia timur.

Kaca dibuat dari bahan pasir kaca yang ditemukan di alam kemudian di proses dengan membakarnya sehingga dapat dibentuk. Pasir kaca bisa ditemukan di alam yang mungkin di temukan di daerah gunung yang berapi. Letusan gunung berapi akan memuntahkan material yang kompleks yang salah satunya adalah pasir kaca.

Pada zaman dahulu untuk membuat bahan kerajinan kaca cukup sulit karena harus memanaskannya untuk bisa dibentuk. Titik lelehnya yang sangat tinggi sehingga pembuat kaca harus berusaha dengan ekstra dengan memanaskannya dengan suhu yang tinggi. Dengan begitu zaman dahulu kerajinan dari kaca cukup mahal nilainya, karena kelangkaannya dan sulitnya dalam pembuatannya.

Pada zaman sekarang yang modern para ahli menemukan cara untuk menurunkan titik leleh kaca, sehingga tidak perlu memanaskan dalam suhu yang tinggi. Waktu semakin berjalan, kebutuhan kaca semakin meningkat sehingga bahan untuk membuat kaca semakin sulit didapatkan. Untuk itu peneliti di jerman membuat penelitian untuk memberikan solusi masalah tersebut.

Kemudian para peneliti menemukan bahan kaca alternatif yang dapat dibuat kaca dengan cadangan bahan yang masih banyak. Bahan kaca mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki bahan material lain, yaitu sifatnya yang keras dan warnanya bening sehingga bisa tembus pandang. Dengan begitu kaca bisa dibuat untuk benda benda yang membutuhkan material tembus pandang.

Misalnya jendela, pintu, kaca mobil yang semua itu membutuhkan material dengan sifat keras dan tembus pandang. Selain itu kaca bisa dibuat untuk alat optik, misalnya kaca mata, teropong dan lainnya. Demikianlah bahan untuk pembuatan kaca yang ada di sekeliling kita, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

 

Post a Comment for "Inilah Bahan Pembuat Kaca yang ada di Sekitar Kita"